by

Siloam Resmikan STC, Guna Kemajuan Pelayanan Kesehatan

KABUPATEN TANGERANG, BrataPos.com – Pelayanan bermutu tinggi tak pernah lepas dari tenaga medis terlatih dan kompeten. Untuk itu, Siloam Hospitals Group secara resmi membuka Siloam Training Center (STC) sebagai fasilitas pusat pelatihan bagi tenaga kesehatan Indonesia, belum lama ini di Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan Lantai 10, Lippo Village Kabupaten Tangerang – Banten.

Siloam membuka prasarana pelatihan yaitu Siloam Training Center (STC) menyediakan program pelatihan yang didukung oleh fasilitas yang mumpuni.

Seperti ruang kelas memadai, pengajar yang kompeten, serta materi pelatihan berdasarkan evidence-based practice dan pelatihan kurikulum standar oleh Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (PPSDM Kemenkes RI).

Deputy President Director Siloam Hospitals Group, Caroline Riady mengatakan bahwa STC merupakan salah satu bentuk konkret dari komitmen Siloam Hospitals Group dalam mempersiapkan tenaga medis kompeten demi pelayanan prima di setiap jaringan Siloam Hospitals Group.

Sebagai pusat pelatihan sumber daya manusia (SDM) yang bekerja sama oleh PPSDM Kemenkes RI, STC siap untuk melatih tenaga kesehatan, tidak hanya untuk jaringan Siloam Hospitals Group, namun juga terbuka untuk rumah sakit lainnya, katanya.

Masih Carolline menyampaikan bahwa dengan pertumbuhan pesat dari industri pelayanan kesehatan di Indonesia, tantangan rumah sakit ada di ketersediaan SDM.

“Saya harapkan keberadaan STC tidak hanya berdampak pada standar pelayanan kesehatan di Siloam Hospitals Group saja, tetapi juga turut mendukung pelayanan kesehatan yang bermutu di seluruh Indonesia,” ujar Caroline Riady.

STC sendiri menyediakan fasilitas ruang simulasi berupa mini hospital Iayaknya rumah sakit sebenarnya, yang terdiri dari area registrasi, rawat jalan, rawat inap, Intensive Care Unit (ICU) & Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Di STC ada juga ruang operasi termasuk ruang persiapan operasi dan ruang pulih sadar, emergency (IGD), ruang resusitasi, ruang observasi, serta ruang bersih dan persiapan obat, termasuk ruang pencampuran kemoterapi. (Soleh/Hartono)

REKOMENDASI UNTUK ANDA