by

PN Gresik, Sosialisasikan E Court Pada Advokat

GRESIK, BrataPos.com – Bertempat di ruang sidang utama. Pengadilan Negeri (PN) Gresik melakukan sosialisasi sesuai dengan Perma No. 03 tahun 2018 tentang e-court kemarin, (29/11/2018) yang dihadiri oleh puluhan advokat dari beberapa organisasi yakni Peradi,  Peradin, Ikadin, PARI dan KAI Gresik.

Acara yang digelar di pagi hari itu dibuka langsung oleh ketua PN Gresik Andreas Purwantyo Setiadi, SH, MH. Dalam sambutannya ketua PN Gresik mengungkapkan pentingnya e Court dalam Administrasi perkara secara elektronik.

“Sementara ini e-Court masih digunakan untuk kalangan Advokat, tapi kedepan e Court juga akan diperuntukan kalangan umum atau pribadi. E Court sendiri difungsikan untuk mempercepat pelayanan administrasi secara elektronik, sepert daftar perkara perdata maupun membayar panjer perkara,” tegas Andreas.

Masih menurutnya,  Advokat tidak harus ke kantor jika akan mendaftarkan perkara,  cukup dengan membuka aplikasi E court sudah dapat mendaftar perkara perdata dan nantinya juga akan menerima register perkara, sambungnya.

Sementara itu, Humas PN Gresik, Bayu Soho Raharjo juga memaparkan cara kerja e Court. Awalnya harus diregister dengan cara mengisi nama Advokat, nomer Register Berita Acara Sumpah, dan nama organisasi pengacara yang diikuti. Selanjutnya, nanti sistem akan otomatis meregister dan akan menerima account.

“Setelah mendapatkan account, nanti sistem akan mendeteksi secara otomatis ke Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung,  untuk proses verifikasi,” ungkapnya.

Sementara itu,  wakil ketua PN Gresik Moch. Yuli Hadi menerangkan, sistem elektronik e Court ini di luncurkan MA dengan tujuan untuk mempermudah sistem pelayanan perkara gugatan perdata.

“Jadi tanpa harus ke PN sekarang,  para Advokat bisa mendapatkan gugatan secara elektronik alias online,” terangnya. (jml)

REKOMENDASI UNTUK ANDA