by

Gawat FB Ketua NU Dibobol, Meminta Sumbangan ke Sejumlah Relasi

BATU MALANG, BrataPos.com – Masyarakat harap ekstra waspada. Pasalnya, modus penipuan melalui akun facebook mulai marak kembali. Hal itu menimpa akun facebook milik ketua Tandfidziyah NU Cabang Kota Batu H. A. Budiono.

Akun milik pria yang juga mantan wakil Walikota Batu periode 2007-2012 itu dibobol oleh hacker. Seperti biasa, sang  hacker mengaku-ngaku sebagai pemilik akun tersebut.

Sejurus dengan itu, sang hacker mulai melancarkan aksinya tipu tipu. Ia mulai membuka percakapan dengan mengirimkan pesan atau inbox. Beberapa koleganya sempat diinbox, dengan bahasa menjalin silaturohim. Setelah ada respon dari calon korban, sang akun palsu berkata akan membangun pondok yayasan dhu’afa.

“Assalamu’alaikum pak, gimana kabarnya, semoga dimudahkan rizkinya dan selalu dalam lindungan Allah. SWT. Kalau bapak berkenan berpartisipasi, saya ada rencana mau membangun yayasan Dhu’afa. Nanti transfernya ke bendahara aja. Mohon maaf kalau merepotkan jenengan,” ungkap akun palsu Budiono saat meminta sumbangan pada calon korban.

Mengetaui akunnya dibobol, Ia langsung bertindak cepat melapor ke Polres Batu. Dihadapan penyidik, ia menceritakan kronologinya sambil menunjukkan bukti percakapan di FB.

“Saya mengetahui akun saya dibobol, saat teman saya mengkonfirmasi. Apa benar saya akan membangun yayasan kaum dhu’afa,” ungkap Budiono pada BrataPos.com Rabu (28/11/2018).

Ia juga meyakini bahwa korbannya sudah banyak soal permintaan bantuan itu. Untuk itu, ia berpesan agar masyarakat waspada jangan mudah percaya.

“Kalau ada yang mencatut nama saya harus klarifikasi ke saya. Apalagi untuk meminta sumbangan ya abaikan saja,” tukasnya. (Ardian)

REKOMENDASI UNTUK ANDA