by

Polsek Donomulyo Dan Perhutani Sita 92 Kayu Gelondongan Ilegal

MALANG, BrataPos.com – Jajaran Polres Malang tidak main-main untuk memerangi ilegal logging. Terbukti, jajaran Polsek Donomulyo bekerja sama dengan Perum Perhutani berhasil amankan tersangka pengangkut kayu yang diduga ilegal. Barang bukti yang berhasil diamankan berupa 92 gelondong  kayu jenis sonokeling, Jumat (23/11/2018).

Petugas menyisir tempat kejadian perkara (TKP) penangkapan di Dusun Salamrejo Rt.29 Rw.06, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Kronologis atas penangkapan itu bermula dari patroli yang dilakukan oleh Polsek Donomulyo bersama Perhutani. Sekitar pukul 9 pagi, petugas mendapati upaya pengangkutan kayu yang diduga merupakan hasil hutan. Total ada 92 gelondong kayu jenis sonokeling.

Pada pemeriksaan awal terungkap, puluhan gelondong kayu hasil hutan itu tidak dilengkapi dokumen yang absah. Pada saat yang bersamaan, petugas patroli gabungan juga mengamankan satu unit truk dengan nopol N-8139-UD.

Pasalnya truck itu yang digunakan untuk mengangkut kayu tanpa dilengkapi SKSHH. Malamnya, tersangka dan seluruh barang bukti dibawa ke Mapolsek Donomulyo untuk dilakukan penyelidikan.

Ditempat terpisah, Kasat Binmas Polres Malang AKP, Ainun Djariah membenarkan perihal itu. Menurutnya, tersangka telah mengangkut, memiliki dan menguasai kayu hutan jenis sonokeling tanpa dilengkapi surat sah SKSHH (surat keterangan sah hasil hutan) dari pihak yang berwenang.

Masih menurut Ainun, orang perseorangan dengan sengaja mengangkut, menguasai, atau memiliki hasil hutan kayu yang tidak dilengkapi secara bersama surat keterangan sahnya hasil hutan adalah perbuatan pidana.

“Selain itu, pihak yang menerima, menjual, menerima tukar, menerima titipan, menyimpan, dan atau memiliki hasil hutan kayu yang berasal dari kawasan hutan yang diambil atau dipungut secara tidak sah, merupakan tindak pidana,” terangnya.

Perbuatan pidana tersebut, lanjut Ainun, diatur sebagaimana dalam Pasal 83 ayat (1) huruf b sub Pasal 87 ayat (1) huruf c junchto Pasal 12 huruf e dan m UU No. 18/ Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. (Ard/ Hadi/Y)

REKOMENDASI UNTUK ANDA