by

Kantin UPH Memenuhi Standar Kantin Sehat Kemenkes RI

TANGGERANG-BRATAPOS.com, Bersamaan dengan perayaan Hari Kesehatan  Nasional ke-54 dengan tema ‘Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita’ Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menggelar serangkaian lomba, diantaranya lomba Kantin Sehat. Lomba ini diikuti oleh 27 Kementrian serta 8 perguruan tinggi.

Kegiatan Kemenkes ini melibatkan beberapa lintas program, Asosiasi, dan institusi seperti Departemen gizi, Departemen Kesehatan Lingkungan, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia, dan lainnya.

Dalam lomba ini Universitas Pelita Harapan (UPH) berhasil menjadi Juara Ke-2 Kantin Sehat dan menerima penghargaan berupa trophy, sertifikast dan hadiah. Pemberian penghargaan dilakukan pada 10 November 2018 dalam acara Pameran Pembangunan Kesehatan dan Produk Kesehatan dalam Negeri  di ICE BSD Tangerang Selatan.

Suasana Kantin UPH dengan beragam variasi makanan
Suasana Kantin UPH dengan beragam variasi makanan

Perlombaan kantin sehat sendiri telah berlangsung pada 21-29 Oktober 2018 diikuti 27 Kementrian serta 8 universitas yaitu UPH, Universitas Panacasila, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Institut Pertanian Bogor, Universitas Trisakti, Universitas Tarumanegara, dan Politeknik Kesehatan Jakarta.

Terkait prestasi ini, Mariani Jusup – Manager Pengelola Kantin UPH menyatakan bahwa yang paling penting adalah bukan hanya mendapat gelar juaranya tapi bagaimana upaya untuk menjaga kepuasan konsumen Kantin UPH, baik dari aspek variasi makanan dan minuman, harga terjangkau dan yang tak kalah penting faktor kebersihan.

Penerimaan Penghargaan UPH sebagai Kantin Sehat
Penerimaan Penghargaan UPH sebagai Kantin Sehat

“Fokus kami bagaimana menjaga kepuasan para konsumen ketika makan dan minum di kantin UPH ini, baik dari segi makanan, harga, dan suasananya. Dari segi makanan kita ingin konsumen memiliki pilihan makanan yang bervariasi. Saat ini Kantin UPH punya 32 stall dengan pembagian 13 stall besar, 8 island stall yang lokasinya di tengah kantin, dan 11 stall berbentuk gerobak – dengan jenis makanan yang beragam seperti Indonesian food, Japanese food, Korean Food, Chinese Food, Western Food, dan Traditional Snack. Dan tentunya juga dengan harga yang cukup terjangkau,” ungkap Mariani.

Dengan prestasi ini, UPH dinilai telah memenuhi standar Hygiene Sanitasi Panganan, Kesehatan, dan keselamatan kerja para pengelola pangan, serta gizi seimbang.  Hal tersebut sesuai dengan standar Kantin Sehat yang ditetapkan Kemenkes RI. Selain standar Hygiene Sanitasi Panganan, Kemenkes juga menilai aspek lainnya yaitu tempat atau lokasi, penjamah (pengelola pangan), peralatan, dan makanan.

Berikut ini para pemenang lomba Kantin Sehat pilihan Kemenkes RI: Kementrian Luar Negeri berhasil menjadi juara 1, disusul  Kementrian Keuangan sebagai juara ke-2, dan juara ke-3 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Sedangkan untuk kategori perguruan tinggi diraih Unviersitas Tarumanegara sebagai  juara 1, diikuti UPH sebagai juara 2,  dan UI sebagai juara 3. (mt*/wit/dam)

REKOMENDASI UNTUK ANDA