by

Isu Orang Gila Boleh Nyoblos, KPU Sumenep Belum Memasukan ke DPT

SUMENEP, BrataPos.com – Isu diperbolehkannya kaum disabilitas mental atau seseorang yang mempunyai gangguan kejiwaan bisa mencoblos di Pemilu dan Pilpres 2019 masih belum final.

Terkait dengan wacana tersebut, KPU Sumenep sampai saat ini belum memasukkan penyandang gangguan jiwa ke Daftar Pemilih Tetap (DPT), karna belum ada konfirmasi dari KPU Pusat.

“Kalau kami (KPU Sumenep) tetap mengikuti aturan sesuai perintah KPU Pusat, jika nanti memang ada aturan orgil harus masuk DPT, maka kami jalankan,” kata Ketua KPU Sumenep, Abd. Warits, pada Rabu (21/11/2018).

Menurut Warits, jika dalam waktu dekat ada aturan yang mengharuskan Orang Gila (orgil) masuk DPT, maka pihaknya akan secepatnya melaksanakan pendataan.

“Sebagai pemutakhiran, pendataan terhadap orgil akan kami agendakan, mungkin dalam bulan ini kita akan data ke rumah sakit atau tempat-tempat penyembuhan orang gila yang ada di Sumenep,” paparnya.

Lanjut Warits, jika dalam pendataan nanti ada seseorang yang menyatakan  orang tersebut gila, tetapi tidak ada keterangan dari dokter yang menyatakan  bersangkutan mengalami gangguan jiwanya, maka orang tersebut akan tetap masuk pada DPT.

“Tetapi kalau tidak ada keterangan ya tetap kita masukkan ke DPT, meski orang sekililingnya bilang dia gila,” jelasnya. (zain/rahman)

REKOMENDASI UNTUK ANDA