by

Kenalkan Hukum Sejak Dini, Jaksa Gresik Masuk Sekolah

GRESIK, BrataPos.com – Prioritaskan materi bahaya Narkoba dan pengetahuan siswa terhadap hukum dan perundang-undangan serta menciptakan generasi baru tahan hukum. Kejari Gresik melakukan pengenalan dan penerangan hukum tentang bahaya penggunaan narkotika di SMP Negeri 2 Cerme Gresik, Rabu (14/10/2018).

Kegiatan yang diberi label,  Jaksa Masuk Sekolah (JMS) ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh Kejaksaan. Sasarannya adalah siswa/siswi agar dapat lebih mengenal tugas dan fungsi jaksa.

Tidak hanya itu,  para siswa juga diberi penerangaan masalah hukum.  Kali ini,  Kejari Gresik melalui bidang intel memberikan penerangan hukum perihal bahaya narkoba dan hukuman bagi mereka yang kedapatan menggunakan narkotika.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kasi Intel Kejari Gresik,  R. Bayu Probo Sutopo menghadirkan puluhan siswa tingkat SMP.

“Jaksa Masuk Sekolah (JMS) kali ini kita laksanakan di SMPN 2 Cerme. Kami telah memberikan materi pengenalan institusi Kejaksaan kepada siswa.  Tidak hanya itu,  kami juga memberikan penerangan hukum tentang perkara narkoba,” tegas Kasi intel Kejari Gresik,  R. Bayu Probo Sutopo.WhatsApp Image 2018-11-14 at 15.08.10Pendekatan JMS, menurut Bayu, menggunakan pendekatan persuasif dengan memadukan konsep belajar dan bermain serta komunikasi dua arah serta memiliki target anak sekolah dasar hingga menengah atas.

“Materi yang diangkat dalam JMS ini seperti penyalahgunaan narkoba, korupsi, cyber bullying, cyber terorisme dan kekerasan seksual,” jelasnya.

Masih menurutnya, pemberian bekal tentang pidana narkoba sangat tepat untuk siswa SMP. Pasalnya, diusia dini harus ditanamkan bahaya narkoba baik untuk tubuh maupun hukuman yang harus diterima ketika bermain dengan narkoba, pungkasnya. (jml)

REKOMENDASI UNTUK ANDA