oleh

Usulan Anggaran Ditolak, Kondisi Pelabuhan Kalianget Memprihatinkan

Last updated: Rabu, 14 November 2018, 14:00 WIB

SUMENEP, BrataPos.com – Pelabuhan dermaga I Kaleanget Semenep sangat memprihatinkan. Kondisi jembatan pelabuhan rusak parah, jembatan penumpang miring, ujung dermaga terlihat ambruk. Bahkan sudah tidak layak pakai. Tentu kondisi tersebut membahayakan keselamatan calon penunpang.

Anggota DPRD komisi III meminta pemerintah untuk memperbaiki pelabuhan yang tidak layak pakai itu.

“Kami harap ada perhatian dari Pemerintah, karena itu menyangkut keselamatan penumpang,” kata Ramzi, salah satu DPRD Komisi III Kabupaten Sumenep. Rabu (14/12/2018).

Dermaga I Pelabuhan Kalianget merupakan tempat bersandarnya kapal. Kapal-kapal itu, yang melayani rute pelayaran Kalianget-Sapudi, Raas, dan jurusan Jangkar Situbondo.

“Kalau dibiarkan terlalu lama dikhawatirkan tidak bisa dijadikan tempat sandar kapal. Padahal transportasi laut sangat dibutuhkan. Mengingat transportasi ke sejumlah kepulauan hanya bisa ditempuh melalui jalur laut,” ungkapnya.

Sostono Kepala Dinas perhubungan Kabupaten Sumenep menyatakan, sudah lama Dermaga I Pelabuhan Kalianget tidak layak dimanfaatkan. Namun tidak ada lagi sarana penyebrangan terpaksa dimanfaatkan.

“Pemerintah Daerah tidak punya kewenangan untuk memperbaikinya. Sebab statusnya milik Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan,” ujarnya

Meski begitu, kata Sustono, dirinya berjanji untuk mengusulkan ke Kementerian Perhubungan RI, karena dermaga tersebut menjadi aset Dirjen Perhubungan Darat.

Di tahun 2016, Dishub telah mengusulkan anggaran sebesar Rp 10 Miliar untuk perbaikan Dermaga I. Begitu juga pada tahun 2017 lalu mempersentasikannya di Kemenhub.

“Hanya saja usulan tersebut tidak dikabulkan karena harus dilengkapi rencana induk pembangunan dan “detil enngenering desain” (DED). Itupun dokumen perencanaan tersebut bukan kewengan Dishub melainkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” tegasnya. (Zainur)

REKOMENDASI UNTUK ANDA