by

2467 Peserta CPNS Asal Batu Gugur di SKD, Begini Komentar BKPSDM

BATU MALANG, BrataPos.com – Tingginya ambang batas yang ditentukan menteri Pendayagunaan aparatur negara – RB terkait nilai SKD (seleksi kompetensi dasar) membuat peserta banyak yang berguguran. Peserta dari Kota Batu berjumlah 2681 yang lolos seleksi atministrasi.

Dari jumlah itu, yang hadir  sebanyak 2611, sementara 70 peserta yang tidak hadir, saat mengikuti tes SKD di gedung SMK N 2 jalan veteran Kota Malang (3-4/11/2018) yang lalu.

Rinciannya, peserta dari umum sebanyak 2572, yang lulus ke tahap selanjutnya  seleksi  kemampuan bidang (SKB) sebanyak 116. Dari peserta penyandang cacat 2 orang dan tidak ada yang lolos. Peserta lulusan terbaik (cumlaude) sebanyak 31 orang dan dinyatakan lolos ketahap selanjutnya sebanyak 25 orang. Sementara  peserta dari eks honorer (K2) sebanyak 6 orang, dan dinyatakan lolos 3 orang.

Banyak warganet yang mengeluh, terkait sulitnya  soal tes karakteristik pribadi (TKP). Mengingat peserta harus mencapai nilai minimal ketentuan pusat. Bobot passing grade TKP 143, tes intelelgensia umum (TIU) 80 dan tes wawasan kebangsaan (TWB) 75. Jika peserta tidak bisa mencapai nilai itu, maka dipastikan akan gugur.

Kenyataan itu membuat Kepala Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Batu, Drs. Siswanto pasrah. Menurutnya, saat ini pihaknya hanya menunggu kebijakan dari BKN. Pasalnya, kebutuhan formasi CPNS Kota Batu saat ini  berkisar 253.

“Ya mau gimana lagi mas, saat ini kami hanya pasif aja menunggu kebijakan dari Panselnas (panitia seleksi nasional). Mudah-mudahan ada kebijakan baru terkait peserta yang lolos ke tahap selanjutnya (SKB) seleksi kompetensi bidang,” ujarnya berharap cemas.

Menurut laman resmi sscn.BKN.go.id, pelaksanaan seleksi kompensi bidang (SKB) akan dilaksanakan pada tanggal 23-28 November mendatang. Untuk itu, Siswanto meminta para peserta CPNS tetap meng update data resmi dari BKN atau Kemenpan RB.

“Semoga saja ada kebijakan baru, sehingga kuota untuk Kota Batu  bisa terpenui,” ucapnya dengan lirih. (Ardian)

REKOMENDASI UNTUK ANDA