by

Atap SDN Pacanggaan 1 Roboh, Diterjang Hujan

SAMPANG, BrataPos.com – Hujan deras pada Jumat (9/11/2018) sore sekitar jam 15.00 WIB mengakibatkan atap bangunan ruang kelas di SDN Pacanggaan1 roboh. Beruntung saat robohnya atap sekolah bukan di jam pelajaran sehingga tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

Kejadian bermula saat jam 15:00 WIB cuaca pada saat itu hujan deras. Mendadak, terdengar suara gemuruh dari atap gedung bagian utara. Kontruksi atap yang terbuat dari kayu yang diduga kwalitasnya diragukan akhirnya roboh terkena tekanan air hujan yang cukup deras.

Dari pantauan di lokasi, saat sudah dilakukan evakuasi dan sisa patahan kayu terlihat kuda-kuda atau penyanggah sudah keropos. Kondisi ruang kelas berantakan dan kontruksi atap kayu patah. Terlihat pula besi cor buat penahan juga diduga tidak sesuai karena ukuran besi yang di gunakan kecil.

Saat ditanya bangunan sekolah tersebut bungunan ini dibangun tahun berapa kepala sekolah Muhammad Naki sedikit kebingungan. “Saya lupa mas apa tahun 2011 atau tahun 2012,. Saya sudah lupa,” katanya. Tapi sebelumnya sudah saya evakuasi dan kelas tersebut tidak digunakan, imbuhnya. Karena sudah terlihat kayu patah dan keropos makanya saya evakuasi terlebih dulu, tuturnya.IMG-20181110-WA0017Kalau hanya sebatas hujan deras kemungkinan besar atap bangunan tidak akan roboh. Namun jika kwalitas bangunannya diduga diragukan bisa jadi kejadian tersebut roboh setiap saat. Jika dilihat dari kondisi bangunan diduga bangunan tersebut masih beberapa pada tahun yang lalu.

Hanya sebatas pemberitahuan bahwasanya bangunan sekolah dibeberapa di Kabupaten Sampang kwalitasnya diragukan. Hal itu terlalu banyak kejadian sekolah atau ruang kelas yang roboh.

Terlihat di lokasi dari pihak dinas pendidikan memonitoring meninjau langsung keberadaan kelas tersebut roboh. Namun saat hendak dikonfirmasi  sudah pergi dan tak terlihat, hanya sebatas memotret ruang kelasnya dan pergi. (ryn/far)

REKOMENDASI UNTUK ANDA