by

Angka Perceraian di Sumenep Tertinggi di Madura

SUMENEP, BrataPos.com – Angka perkara perceraian di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur cukup tinggi. Dari tahun ketahun angka perceraian itu lebih tinggi dibandingkan Kabupaten lain yang ada di Pulau Madura.

Hal itu diungkapkan Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama (PA) Sumenep M. Arifin. Menurutnya, tingginya angka perceraian itu disebabkan oleh pernikahan dini. Selain itu juga, faktor ekonomi dan faktor lainnya yang menjadi pemicu tingginya angka perceraian.

“Angka perceraian di Pengadilan Agama Sumenep terbanyak di Madura, sampai dua ribu pertahun. Terkadang bersaing dengan Bangkalan,”  terang M. Arifin, Senin (5/11/18) saat ditemui di ruang kerjanya.

Kendati demikian, lanjut arifin, untuk mengurangi tingginya angka perceraian di Sumenep, pihak Pengadilan Agama sudah berupaya dengan cara proses mediasi antara pemohon dan termohon.

Tak hanya itu, pada setiap sidang majelis hakim juga selalu menasehati kedua belah pihak untuk berdamai dan rukun kembali. Namun biasanya, masyarakat kalau sudah datang ke pengadilan, sulit didamaikan.

“Dulu ada program penyuluhan hukum keberbagai kecamatan. Bahkan, sampai kepulauan, yang bekerja sama dengan Pemkab Sumenep, untuk mengurangi angka perceraian. Namun sudah sekitar satu tahun lebih tidak ada lagi kegiatan seperti itu. Mungkin Pemkab belum ada program untuk itu,” pungkas M. Arifin (Rahman)

REKOMENDASI UNTUK ANDA