by

4 Desa Gelar Puncak Festival Yang Sangat Meriah

SUMENEP, BrataPos.com – Sebanyak 4 Desa yang berada di Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur gelar malam puncak festival yang diselenggarakan di Dusun Duwek, Desa Sendeng Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep kemarin Senin malam (1/10/18).

4 Desa yang mengikuti malam puncak festival itu yakni Desa Larangan Perreng, Desa Kaduara Timur, Desa Rombasan dan Desa Sendeng. Acara berlangsung sangat meriah, pasalnya dihadiri Bupati Sumenep.

Animo masyarakat untuk menikmati kemeriahan acara tersebut sangat tinggi. Seolah-olah mereka merasa terpangggil jiwanya dengan beberapa penampilan budaya lokal yang di miliki desanya masing-masing seperti kerawitan, musik daul dan makanan khas yang di tampilkan di acara tersebut. Sajian penampilan budaya lokal nampaknya memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat setempat.

Kemeriahan acara tersebut semakin bertambah hikmat, karena dihadiri langsung oleh Bupati Sumenep, KH Busyro Karim beserta Istrinya, dan turut hadir pula memeriahkan suasana yakni sejumlah pejabat penting, mulai dari Muspida, Muspika, Kades se-Kecamatan Pragaan, Direktur Bank PBRS Bhakti Sumekar, Tokoh Agama, para tamu undangan dan masyarakat.

Muhlis selaku ketua panitia mewakili dari 3 desa lainnya mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk membangun menumbuh kembangkan potensi lokal yang ada di 4 desa tersebut, sebagai sarana penunjang percepatan ekonomi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Kami sangat yakin itu prospek untuk kedepannya, bahkan kami sepakat untuk mewujudkan impian kami untuk membagun Rest Area,” katanya.

Tujuan kami dengan menggelar Festival 4 Desa ini untuk menghibur seluruh masyarakat khususnya Desa-desa yang menjadi peserta sekaligus mempererat tali persaudaraan, harapnya.

Semetara itu atas terselenggaranya acara tersebut mendapat apresiasi dari kepala pemerintah daerah kabupaten Sumenep, KH. Busyro Karim mengatakan, tak hanya itu impian yang menjadi kesepakatan 4 desa tersebut juga mendapat dukungan muril dan materil untuk cepat terwujud.

“Saya sangat apresiasi dengan adanya kegiatan seperti ini dan patut di jadikan conton untuk desa-desa yang lain,” harapnya.

Terkait rencana impian ke 4 desa untuk membangun “Rest Area” tersebut kami dukung penuh dengan melalui bantuan dana APBD. “Kita tunggu proposalnya dan kayak master plan,”tegasnya KH. Busyro Karim.

Sebagai tanda penutup terlaksannya Festival 4 desa tersebut yang mempunyai motto Bersama menumbuh kembangkan potensi desa dengan di tandai pemukulan Gong yang di lakukan oleh Bupati Sumenep, KH.Busyro Karim yang disertakan pelepasan Pesta Kembang api yang sangat Meriah dan dilanjutkan dengan Do’a penutup.WhatsApp Image 2018-10-02 at 15.03.46Usai acara inti Bupati Sumenep, Busyro Karim menyempatkan diri untuk menyambangi Stan ibu-ibu PKK dan untuk mencicipi produksi makanan ringan khas hasil karya ibu-ibu PKK dari 4 desa.

Untuk menyingkat waktu di tempat yang sama, ke 4 kepala desa tersebut, berada di atas panggung yang sangat megah untuk melanjutkan dengan acara penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba-lomba yang di gelar hari sebelumnya.

Usai acara penyerahan hadiah, langsung dilanjutkan dengan acara pamungkas dengan hiburan Electon. (Anton)

REKOMENDASI UNTUK ANDA