by

Diskoperindag Gresik Digugat Pedagang Pasar

GRESIK, BrataPos.com – Pedagang Pasar Baru Gresik yang menjadi korban pemotongan stand oleh Dinas Koperasi dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Gresik terlihat gundah saat mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Gresik (27/9/2018).

Dia mendatangi Pengadilan untuk mencari keadilan. Pasalnya luas lapak yang dimilikinya yang sesuai Surat Ijin Menempati (SIM) di pasar baru Gresik raib. Awalnya stand yang ia miliki seluas 30 meter persegi yang dibelinya pada 2007 silam.

Namun akibat renovasi pasar oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Gresik, kini stand miliknya tinggal 14 meter persegi. Seperi yang dialami oleh Kamisih (45) warga Jl. Gubernur Suryo, Kelurahan Telogo Pojok, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik.

Wanita yang sudah belasan tahun berdagang ikan ayam di pasar baru Gresik itu berkali-kali mengadu ke pemegang otoritas pasar, yakni Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindag Gresik, namun usahanya tidak berhasil.

Merasa tidak ditanggapi oleh Diskoperindag, hingga dirinya mengambil jalur hukum. Bersama pengacaranya, akhirnya kasus ini masuk ke ranah gugatan Perdata di Pengadilan Negeri (PN) Gresik.

“Hari ini dilakukan sidang pertama dengan agenda penyerahan surat gugatan, serta dilanjut mediasi,” kata Zaibi Susanto kuasa hukum penggugat, Kamis (27/9/2018).IMG-20180927-WA0040Pada sidang gugatan awal, dibacakan kuasa hukum penggugat didepan majelis hakim Lia Herawati akibat pemotongan stand yang berlokasi di pasar baru, penggugat mengalami kerugian sebesar 5 milayar rupiah.

Usai gugatan dibacakan, majelis hakim memberikan waktu mediasi. Akhirnya mediasi dilakukan, namun yang bersangkutan (tergugat) yakni Diskoperindag, Kepala UPTD Pasar Baru Gresik, Turkan sebagai penjual stand dan Bupati turut tergugat tidak hadir, hanya dihadiri oleh penasehat hukum tergugat.

Akhirnya majelis hakim menunda mediasi yang dijadwalkan tanggal 4 Oktober 2018. “Saya minta pada kuasa hukum tergugat untuk menghadirkan para tergugat dalam agenda mediasi pekan depan,” pinta majelis hakim Lia Herawati. (jml)

REKOMENDASI UNTUK ANDA