by

Unigres Ajak Mahasiswa Peduli Lingkungan

GRESIK, BrataPos.com – Patut ditiru Universitas yang lain apa yang dilakukan Universitas Gresik (Unigres). Sebanyak 700 civitas akademik dan Mahasiswa Baru (Maba) melakukan kegiatan peduli lingkungan.

Kegiatan dimulai pukul 06.00 WIB dan dibuka di halaman Kampus Unigres, Minggu, (23/9/2018). Tidak hanya melakukan kegiatan peduli lingkungan, namun juga mengadakan jalan sehat bersama masyarakat sekitar kampus.

Acara dimulai dengan senam sehat, kemudian peserta ikut jalan sehat sembari membersihkan jalan dibeberapa titik. Ada empat titik utama titik bersih lingkungan yang menjadi sasaran yakni, di depan SMPN 1 Gresik, WEP (Wahana Ekspresi Pusponegoro), BP Kulon dan Hotel Saptanawa.

Rektor Universitas Gresik, Prof Dr H Sukiyat, M,Si mengatakan kegiatan masih dalam rangka menyambut maba Unigres tahun akademik 2018/2019 tahun.

“Kami tidak hanya mengajarkan akademik, namun juga mendidik mahasiswa respek terhadap kondisi masyarakat dan lingkungan, salah satunya dengan kegiatan seperti ini,” kata Sukiyat.

Kegiatan jalan sehat lanjut Sukiyat untuk mengajarkan Maba agar tetap menjaga kesehatan. Selain itu, juga sebagai upaya mempromosikan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan, apalagi hidup di daerah industri seperti Gresik.

“Untuk memunguti sampah, peserta wajib memakai sarung tangan. Ini mengajarkan mahasiswa dan masyarakat yang melihat untuk hidup bersih dan higienis,” jelasnya.IMG_20180923_120245Para peserta yang ikut dalam jalan sehat tampak antusias. Maba berjalan senang sembari menyanyikan mars Unigres. Mereka memunguti sampah di jalanan, juga mencabuti ratusan paku bekas banner atau pamflet di pohon pinggir jalan. Bahkan, banyak paku bertebaran di jalan raya.

“Banyak sekali paku bekas banner yang masih nempel di pohon. Di jalan raya juga banyak. Itu berbahaya kalau tidak dicabut, membahayakan pengendara,” kata mahasiswa program studi hukum, Umi Kulsum.

Tak hanya memunguti sampah, Rektor Unigres, civitas akademik serta maba rela turun ke sungai untuk memunguti sampah. Mereka memasukkan sampah ke kantong sampah yang sudah disiapkan.

Sementara itu, Asisten III Pemkab Gresik, Tursilowanto mengapresiasi kegiatan jalan sehat dan peduli lingkungan Unigres.

“Pemkab Gresik mengapresiasi kegiatan ini karena mengajarkan mahasiswa untuk berkontribusi dalam membangun Gresik,” kata Tursilowanto.

Dikatakannya, mahasiswa sebagai agen of change sehingga pengaruh mereka terhadap perkembangan daerah maupun negara sangat penting. Buktinya, pergerakan kemerdekaan dimulai oleh kaum pemuda sejak tahun 1908.

“Kami berharap maba Unigres nantinya menjadi salah satu pemimpin yang baik di daerah maupun nasional,” kata mantan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gresik tersebut. (jml)

REKOMENDASI UNTUK ANDA