by

Akibat Pesta Sabu, Pemuda Asal Cerme Divonis 4 Tahun Penjara

GRESIK, BrataPos.com – Tri Wahyu Tunggal (19) warga Dusun Terongbangi Rt 01 Rw 01 Desa Kandangan, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik terbukti melakukan tindak pidana memiliki, menyimpan dan menguasai Narkotika jenis Sabu. Atas kelakuannya terdakwa divonis dengan hukuman penjara selama 4 tahun dan 2 bulan denda 800 juta subsidaer 3 bulan (19/9/2018)

Namun Vonis yang dijatuhi ketua majelis hakim Agung Ciptoadi lebih ringan dari tuntutan jaksa Kejari Gresik yakni Aries yang menuntut terdakwa dengan hukuman penjara selama 6 tahun penjara.

Dalam amar putusannya, majelis hakim menyatakan bahwa, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana dengan sengaja menguasai, menyimpan dan memiliki narkotika jenis sabu.

‚ÄúTerdakwa terbukti melanggar Pasal 112 ayat (1) No.35 UU RI Tahun 2009 tentang narkotika. Menghukum terdakwa dengan hukuman penjara selama 4 tahun dan 2 bulan, serta denda 800 juta subsidair 3 bulan,” cetusnya.

Sidang yang digelar di ruang Tirta PN Gresik diketuai majelis hakim Agung Ciptoadi. Terdakwa didampingi Lembaga Bantuan Hukum Fajar Trilaksana yang berkontar di Jl. Sumatra Terminal No. 4, Desa Randuagung, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Sebelum menjatuhi hukuman ketua majelis hakim membaca pembelaan penasehat hukum terdakwa. Dalam pembelaannya penesehat hukum meminta pada majelis hakim untuk membebaskan terdakwa pasalnya terdakwa masih muda.IMG_20180920_074959Majelis hakim juga mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan terdakwa. Perbuatan terdakwa bertentangan dengan pemerintah dan tidak mendukung program pemerintah yang memberantas sabu-sabu. Namun hal-hal yang meringankan, terdakwa selama menjalani persidangan berbuat sopan, dan mengakui perbuatannya.

Usai majelis hakim bacakan amar putusan terdakwa diberi waktu untuk konsultasi pada penasehat hukum. Usai konsultasi penasehat hukum menyampaikan pada majelis hakim.

“Pikir-pikir yang mulia kata penasehat hukum terdakwa, begitu juga dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menyatakan pikir-pikir. Dengan begitu putusan hakim belum berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

Perlu diketahui terdakwa ditangkap oleh Polsek Benjeng pada hari Rabu april 2018 saat sedang menggunakan sabu beberapa bulan yang lalu. (jml)

REKOMENDASI UNTUK ANDA