by

Desa Sangen Bangun Drainase, Libatkan Warga

MADIUN, BrataPos.com – Dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Desa diberikan kewenangan penuh untuk mengatur dan mengurus kewenangannya sesuai dengan kebutuhan dan prioritas Desa. Hal ini berarti, Dana Desa akan digunakan untuk mendanai keseluruhan kewenangan Desa sesuai kebutuhan dan prioritas Dana Desa tersebut.

Seperti halnya Desa Sangen, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun terus membangun Infrastruktur. Kali ini yang dibangun oleh Pj Kades Sangen yaitu Edy Yuliono Drainase yang menggunakan Dana Desa (DD) anggaran tahun 2018. Dengan volume 300 meter, dianggarkan Rp.49.000.000 juta.

Kali ini Pj Kades Sangen Edy Yuliono mempercayai pada Sulis Basuki sebagai Tim Pengelola Kegiatan (TPK). Pasalnya Basuki Sulis sendiri sangat ahlinya untuk memaksimalkan penggunaan material/ bahan. Arti TPK sendiri harus memaksimalkan penggunaaan material/ bahan dari wilayah setempat.

Pembangunan proyek drianese tersebut dilaksanakan secara gotong royong dengan melibatkan partisipasi masyarakat setempat. Agar memperluas kesempatan kerja dan untuk pemberdayaan masyarakat setempat.

Pj Kepala Desa Sangen Edy Yuliono mengatakan, Desa membangun harus memiliki banyak keunggulan, karena warga harus terlibat dalam proses membangun Desa.. Warga menentukan sendiri prioritas dan visi pembangunannya, karena keputusannya dilakukan dalam Musyawarah Desa.

“Meski sama-sama membangun ruas jalan atau infrastruktur misalnya, hasilnya bakal berbeda karena partisipasi warga desa bakal membuat manfaat program menjadi jauh lebih besar,” kata Edy sapaan akrabnya. (suwarno)

REKOMENDASI UNTUK ANDA