by

Pj. Bupati Pamekasan, Pimpin Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-73

PAMEKASAN, Bratapos.com – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Pemerintah Kabupaten Pamekasan menggelar upacara detik-detik Proklamasi di halaman Pendopo Ronggosukowati, Jalan Pamongpraja Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Jumat (17/08/2018).

Dalam HUT Ke-73 Kemerdekaan RI pada tahun ini mengusung tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa”. Sebanyak 76 pelajar SMA sederajat dari berbagai sekolah yang ada di Bumi Gerbang Salam tergabung dalam pasukan pengibaran bendera pusaka (Paskibraka). Mereka terbagi dalam kelompok 17, kelompok 8 dan kelompok 45.

Dalam upacara kali ini, Plt Bupati Pamekasan Fattah Jasin sebagai Inspektur upacara sedangkan komandan upacara dipercayakan kepada Kapten Bambang Riyanto yang menjabat sebagai Danramil Kecamatan Proppo.Peserta upacara terdiri dari berbagai unsur seperti TNI, Polri, PNS, Pramuka dan para siswa. Sementara paduan suara dibawakan oleh para siswa-siswi tingkat SMA dan MA.

Upacara bendera HUT ke-73 Kemerdekaan RI ini juga dihadiri Kapolres, Dandim 0826/Pamekasan, Pj Sekda, Ketua DPRD dan segenap pimpinan OPD serta para undangan dan para veteran.

Sebelum uparaca berlangsung ditampilkan antraksi para Polisi Cilik (Pocil) dalam kepiawaian berbagai aksi, baris-berbaris, senam Lantas, juga gatur (gerakan mengatur) lalu lintas serta penampilan drumband dari SMAN 4 Pamekasan yang sangat memukau para undangan.

Selain itu pula, masyarakat sekitar juga hadir menyaksikan prosesi upacara detik-detik proklamasi. Namun sebelum pelaksanaan pengibaran bendera, tepat pukul 10.00 WIB terdengar bunyi sirine sebagai tanda detik-detik upacara Hari Kemerdekaan RI dimulai.

Pembacaan teks proklamasi dibacakan Ketua DPRD Pamekasan, Halili Yasin. Sedangkan pasukan Paskibraka dapat melaksanakan tugas dengan baik, mengibarkan bendera sang saka merah putih.

Setelah selesai upacara dilanjutkan dengan pemberian remisi bagi para tahanan dari Lapas Klas IIA Pamekasan serta penyerahan bingkisan bagi 60 janda dan veteran ikut mewarnai rangkaian acara upacara 17 Agustus 2017 tersebut. (Anton).

REKOMENDASI UNTUK ANDA