by

Juru Sita PN Gresik, Laksanakan Eksekusi Tanah Beserta Bangunan di Pulau Bawean

Gresik, Bratapos.com – Juru sita Pengadilan Negeri (PN) Gresik kemarin Rabu (18/7/18) melaksanakan eksekusi tanah beserta bangunan yang terletak di Dusun Pajinggahan, Desa Tanjung Ori, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, pulau Bawean, Jawa timur pagi sekitar 09.00 WIB.

Sebelum pembacaan eksekusi, sempat ada perlawanan dari pemilik rumah yakni Warneti cs, namun petugas pengadilan yang dikawal ketat oleh petugas gabungan dari Kodim dan Polres Gresik dan Muspika Kecamatan Tambak beserta Muspika Kecamatan Sangkapura yang bersenjata lengkap tidak mengurungkan niatnya untuk membacakan.

Namun lagi-lagi setelah selesai dibacakan amar eksekusinya untuk segera membongkar rumah menemui penolakan, akan tetapi pekerja pembongkar yang dikawal pihak petugas berhasil membongkar dan mengeluarkan barang yang ada di dalam rumah.

Dasar eksekusi berdasarkan penetapan ketua Pengadilan Negeri Gresik nomor 9/Eks.Pdt.G/2017/PN.Gsk.Jo nomor 61/Pdt.G/2013/PN.Gs.jo.nomor.48/Pdt/2015/PT.Sby jis Nomor.1048 K/Pdt/2016.IMG-20180718-WA0014Jino petugas juru sita saat membacakan amar eksekusinya menerangkan, surat penetapan oleh ketua PN Gresik sudah jelas memerintahkan kepada kami untuk mengeksekusi tanah beserta bangunnanya seluas 5000 M2 untuk menyerahkan kepada pemohon yaitu H. Achmad Morris,” kata Jino.

Kuasa hukum pemohon eksikusi, Zaibi Susanto kepada awak media mengatakan, proses eksikusi tanah dan bangunan sudah sesuai prosedur. “Dan itu adalah perintah undang undang yang harus di laksanakan,” tegasnya.

Sementara itu Kabag Ops Polres Gresik mengatakan, pihaknya melakukan pengamanan ini dalam rangka eksekusi tanah beserta bangunannya, tujuannya supaya dalam pelaksanaan eksekusi dari juru sita dari Pengadilan Negeri (PN) Gresik ini berjalan dengan lancar, dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Kami membawa personil kurang lebih sekitar 100 yang diterjunkan kelokasi untuk melakukan pengamanan, katanya.

Sementara pihak keluarga termohon Hanya pasrah melihat rumahnya di kosongkan oleh petugas juru sita dan di bongkar. (jml)

REKOMENDASI UNTUK ANDA