by

Excotik Wisata Coban Lanang Di Kota Batu, Menarik Wisatawan

-Adventurial-1,342 views

Kota Batu, Bratapos.com – Kondisi alam Kota Batu yang dianugrahkan sang pencipta patut disyukuri. Pasalnya didalamnya, terdapat ratusan Wisata Alam yang belum dikenal halayak umum. Satu lagi Wisata yang tak kalah indahnya dari Wisata yang sudah tenar, yakni Coban Lanang.

Coban Lanang terdapat didusun ngujum Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Untuk sampai ke lokasi tidaklah sulit. Kalau dari arah karangploso Malang kiri jalan. Namun kalau dari arah Alun-alun Kota Batu kanan jalan. Masuk dari Jalan protokol 800 M2.

Dengan keindahan alamnya, serta air terjun dengan sebutan Coban Kali Lanang, meski baru setahun beroprasi, namun tempat tersebut menjadi jujukan para wisatawan yang didominan dari para kawula muda.

Menurut, Owner wisata CKL, Haji Sutris Nan Tamtama, Tujuannya mengembangkan lahan dengan  luas 8000 meter itu, selain turut mengembangkan wisata di Kota Batu, tentunya juga bisa menyerap tenaga kerja.

“Setidaknya kami ikut andil dalam pemberdayaan masyarakat sekitar dan mengurangi angka pengangguran,” kata H. Sutris Nan Tamtama, Senin (21/5/18).

Kedepannya, area disekitarnya ada sekitar 10 hektar, akan jadi pengembangan selajutnya. Artinya para pemilik lahan disekitarnya, bisa ditanami buah- buahan atau bunga, yang pasti bakal menguntungkan.

“Ya misalnya ditanami jagung, dan Jagung dan diproduksi seperti sari jagung, atau jagung bakar dan jagung rebus, sekaligus diproses ditempat,” jelasnya.

Meski begitu, Sutris dalam melakukan usaha rintisannya tersebut, mengaku masih ada kendala masalah infrastruktur akses Jalan masuk dan rest area. Jika
Pemkot Batu bisa bisa memberikan fasilitas kenyamanan infrastruktur dan rest area bagi wisatawan  yang datang ke CKL, bukan tidak mungkin kedepannya akan membludak pengunjungnya.

“Harapan saya, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, dan dinas terkait, Plt Dinas Pariwisata, Imam Suryono dapat merespon keinginan kami. Apapupun bentuknya kemajuan Kota Batu, sehingga bisa dinobatkan menjadi Kota Wisata dan bisa terkenal ke Mancanegara. Hal itu terjadi, jika dunia wisatanya dikelola dengan baik, Oleh Wali Kota Batu,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Dinas Pariwisata, Kota Batu, Imam Suryono mengaku, sesuai visi dan misinya Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Kota berjaya dan desa berdaya, artinya dengan munculnya wisata-wisata baru diperdesaan itu semua sudah bersinergi dengan visi dan misi Ibu Dewanti Rumpoko.

“Kami sangat mengapresiasi, langkah langkah warga yang berani berinvestasi di bidang wisata. Dengan begitu, semua sesuai dengan misi dan visinya Wali Kota Batu, Kota Berjaya dan desa berdaya. Selain menjadi sebuah keindahan dilingkungan, tentunya wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu, bakal menjadi meningkat dari waktu ke waktu. Karena, banyak tempat tempat wisata yang akan bermunculan. Tidak hanya itu, para petani yang ada disekitarnya akan bisa memanfaatkan lahannya dipergunakan wisata petik buah apel dan sebagainya,” saran pria berdarah Madura ini.

Meski begitu Imam Suryono mengakui, demi menunjang progam itu, harus ada campur tangan dari beberapa dinas yang terkait. Jadi dari beberapa dinas itu saling mengisi dan mengendong indit sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi).

“Selain Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup ( LH) Dinas, Pertanian, Dinas Binamarga dan sebagainya. Artinya dengan bersamaan dalam mewujudkan dunia wisata, itu semua karena campur tangannya dinas- dinas yang dimaksud,” pungkasnya.

Sembari menyebutkan, tak lengkap rasanya kalau para wisatawan berkunjung ke Jawa Timur, kalau tidak mengunjungi Kota Wisata Batu. Dengan motto,
Wisata Kota Batu, Kota Berjaya dan desa berdaya. ( Ardian)

REKOMENDASI UNTUK ANDA