by

Raih Adipura Bhakti, Kota Batu Jadi Tuan Rumah Muskorwil IV Apeksi.

Kota Batu.Bratapos. Tidak main main, Kota Batu dipercaya menjadi tuan rumah Musyawarah Koordinasi Wilayah (Muskorwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

“Menjadi tuan rumah Muskorwil IV ini sangat membanggakan dan banyak manfaatnya. Terutama untuk pengembangan Kota Wisata Batu,” kata Plt Sekkota Batu, Alwi yang didampingi Kabag Humas Pemkot Batu, Santi Restuningsasi, Selasa (17/42018).

Dijelaskan, dengan menjadi tuan rumah, Pemkot Batu bisa menunjukkan keindahan potensi daerah yang dimiliki saat ini. Sehingga, ajang tersebut secara tidak langsung bakal menjadi wahana promosi Kota Wisata Batu yang sangat efektif dan efisien.

IMG-20180418-WA0005

Makanya, pelaksanaan Muskorwil IV yang ke-14 itu dianggarkan lewat APBD 2018. “Anggaran itu tersebar di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,” jelas Alwi.

Untuk itu masih menurutnya, pelaksanaan Muskorwil IV tersebut harus dipersiapkan secara matang dan terkonsep yang rapi. Karna hal ini membawa nama Kota Batu di kancah nasional. Sebab, para tamu yang bakal hadir merupakan delegasi dari berbagai Pemkot di indonesia. Acara ini akan dibuka secara resmi oleh Sekda Provinsi Jawa timur 18 april 2018. Ditempat terpisah, Walikota Batu Dewanti Rumpoko menjelaskan, penghargaan Adipura Bhakti govermen dengan katagori pertumbuhan ekonomi tertinggi se indonesia. ” Kunjungan wisatawan Kota Batu pada tahun 2017 mencapai 4,7 juta orang. Itu meningkat dibanding tahin sebelumnya yang hanya dikisaran 3,5 juta orang,” kata dia usai membuka pameran umkm Apeksi. Lebih jauh walikota yang dilantik bulan oktober 2017 ini merinci, umkm di kota Batu pengelolaannya mencapai 1.047 umkm, pertanian 9.789, perhotelan dan restoran 9.413 umkm, jass transpotasi 1.004 umkm, jasa kontruksi 61 umkm, jasa keuangan 139 umkm, jasa lainya mencapai 1.094 umkm. Dari rincian itu, bisa menyerap tenaga kerja hingga 45,477 orang atau 21,33 % dari total penduduk kota Batu sebanya 213 ribu jiwa,” pungkasnya sambil mengucapkan sugeng rawuh dikota Batu buat semua tamu undangan.

#Dian

REKOMENDASI UNTUK ANDA