by

LSM LPB, Gruduk Kantor DPRD Gresik

Gresik, Bratapos.com – Paska diberitakan debeberapa media yang diindikasi ada rekayasa dalam tes ujian Pelaksanaan Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa (P3D) di Desa Menunggal, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik mendapat tanggapan serius oleh LSM LPB (Lembaga Pemantau Birokrasi).

Mereka LSM LPB melayangkan surat laporan kepada DPRD Gresik dan Bupati Gresik dan menyerahkan bukti. Kedatangan LSM LPB itu terdiri dari ketua, wakil ketua dan sekretaris, mereka langsung ditemui ketua DPRD Gresik Abd Hamid Senin, (22/1/2018).

Dalam perbincangan antara LSM dengan ketua DPRD, sebelum pelaksanaan tes ujian perangkat, pihaknya sudah mengundang camat, kepala desa dan panitia (p3d) dan dikesepakati bahwa tempat yang akan dilaksanakan tes ujian di SMPN 1 Kedamean.

“Namun urusan (P3D) itu saya sudah menyerahkan ke Nur Qolib komisi 1, jadi yang mengurusi komisi 1. Atas laporan dari rekan LSM nanti kita bahas di komisi dalam rapat.” katanya.IMG20180122110201

Lanjut Abd Hamid, ini nanti kita tindak lanjuti terkait laporan dari LSM, sementara ini komisi 1 belum memberikan laporan terakhir atas sidak ke desa-desa dan ini disusul laporan dari LSM LPB.

“Kami sudah merapatkan dengan komisi 1 dan camat, bila terjadi masalah jangan dilantik dulu, namun ini sudah dilantik nanti kita panggil semua yang terlibat.” ucapnya.

Ketua LPB Novan mengataka, dirinya datang ke kantor dewan untuk menuntut ke dewan agar pelaksanaan p3d yang ada di kecamatan kedamean harus diulang karena kapasitasnya sudah melanggar dari aturan perbup no 19 tahun 2017 pasal 24 ayat 1, 2 dan 3.

“bahwa saat pelaksanaan (p3d) berlangsung itu jangan ada kewenangan dari pihak lain kecuali panitia p3d. boleh kerjasama dengan pihak lain, dalam arti bentuk nafkah soal ujian, lepas dari nafkah soal ujian itu kewenangan dari panitia p3d tidak ada campur tangan dari pihak lain.” Katanya.

Lanjut Novan, Ketua DPRD bagus tadi sebenarnya sudah berkali-kali mengundang kepala dinas PMD camat dan kepala desa.

“namun pada kenyataannya dilakukan pelantikan ini nanti saya gugat secara perdata bilamaana laporan saya ini tidak diindahkan.” Ancamnya. (jml)

REKOMENDASI UNTUK ANDA