by

Selain Makanan dan Kosmetik, 5 Benda Ini Juga Bisa Kedaluwarsa

Tak hanya makanan kaleng dan kosmetik yang dapat kedaluwarsa, barang sehari-hari yang kita gunakan, seperti bantal, handuk dan alas kaki juga memiliki masa kedaluwarsa meski tidak secara eksplisit.

Meskipun mereka tidak mempunyai tanggal kedaluwarsa yang spesifik, benda-benda tersebut harus diganti dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Bantal, handuk dan alas kaki yang telah lama digunakan dapat menjadi sarang bakteri.

Apa saja benda yang sebaiknya diganti setelah beberapa waktu pemakaian? Berikut lima di antaranya, melansir laman Step To Health, Rabu (5/9/17).

1. Bantal
Mungkin Anda tidak berniat untuk segera mengganti bantal yang telah menopang leher dan kepala selama bertahun-tahun. Namun sebaiknya hal itu Anda pikirkan kembali.

Bantal juga memiliki tanggal kedaluwarsa. Mereka hanya bertahan antara dua dan tiga tahun. Terlepas dari bahan dasarnya, seiring berjalannya waktu, hanya menjadi rumah bagi tungau, sehingga dapat memunculkan alergi.

2. Alas kaki
Dianjurkan untuk mengganti sandal Anda setiap 6 bulan sekali. Jika tidak, Anda berisiko membuat rumah bagi jamur, Anda bahkan mungkin juga mengalami infeksi jamur.

3. Handuk
Potongan kain yang banyak digunakan untuk mengeringkan tubuh kita itu ternyata hanya dapat digunakan dalam jangka waktu satu sampai tiga tahun saja.

Penting untuk dicatat bahwa hilangnya penyerapan atau berkurangnya kelembutan bukanlah satu-satunya tanda bahwa Anda harus mengganti handuk. Handuk selalu basah karena digunakan secara konstan, handuk yang lembap dapat menjadi tempat yang sempurna bagi bakteri untuk tumbuh.

4. Sikat gigi
Alat kebersihan gigi ini diganti setiap tiga bulan atau kurang. Dokter gigi tidak pernah bosan untuk mengingatkan.

Apa alasannya? Bukan hanya karena bulu sikat menjadi usang dan kehilangan keefektifan pada gigi, melainkan juga karena setelah penggunaan jangka panjang Anda berisiko terkena infeksi termasuk penyakit gusi karena jamur dan bakteri yang menempel di sikat gigi.

5. Sepatu lari
Sepatu lari juga memiliki tanggal kedaluwarsa yang tidak hanya didasarkan pada apakah sepatu itu tampak memburuk atau tidak. Setelah digunakan untuk berlari 400 sampai 500 kilometer, mereka mulai kehilangan kemampuan untuk melindungi kaki. Mereka juga kehilangan elastisitas dan stabilitas, hal ini menyebabkan ketegangan ekstra pada persendian. Karena itu, sebaiknya diganti setelah satu tahun penggunaan. (Michelle Tania)

REKOMENDASI UNTUK ANDA