by

Redakan Sakit Kepala dengan Kompres Air Dingin

Sakit kepala dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti kemampuan berpikir menjadi kurang optimal. Kondisi ini dapat disebabkan karena tidak makan tepat pada waktunya, dehidrasi, atau stres.

Tidur yang tidak cukup juga dapat membuat kepala Anda menjadi pusing. Ada beberapa cara untuk mengobati sakit kepala, seperti dilansir dari laman The Crazyfacts, Rabu (26/7/17).

1. Banyak minum air

Jika Anda sakit kepala, minum air putih bisa membantu. Dehidrasi kadang-kadang menjadi penyebab sakit kepala, jadi menjaga diri tetap terhidrasi dapat meredakan sakit kepala. Pria harus minum sekitar 3 liter air setiap hari, sementara wanita harus minum 2,2 liter.

Pastikan untuk tidak minum air yang terlalu dingin, karena ini bisa membuat sakit kepala Anda memburuk atau memicu migrain.

2. Istirahat
Berbaringlah setidaknya selama setengah jam. Tutup mata dan fokus pada pernapasan Anda. Dengan mengurangi jumlah masukan sensorik yang diterima tubuh Anda, tubuh Anda mendapat kesempatan untuk rileks.

Untuk hasil terbaik, gunakan ruangan yang nyaman dan pada suhu yang tepat, jika Anda tidur nyenyak di ruangan yang sejuk, gunakanlah ruangan yang sejuk.

3. Kompres dingin
Cara lain yang bagus untuk membantu meringankan sakit kepala adalah dengan menggunakan kompres dingin. Menempatkan sesuatu yang lembut dan sejuk di atas dahi dan mata Anda bisa mengurangi rasa sakit.

Suhu dingin menyebabkan pembuluh darah Anda menyempit, sehingga mengurangi ketegangan dan pembengkakan di kepala Anda.

Basahi kain dengan air dingin dan segera ganti jika mulai hangat. Untuk sakit kepala yang disebabkan oleh stres atau kecemasan, kompres hangat atau mandi air hangat bisa terbukti lebih efektif daripada kompres dingin.

4. Pijat rasa sakitnya
Jika Anda merasa sakit kepala, memberi pijatan lembut pada kepala dapat memperbaiki sirkulasi darah sehingga mengurangi ketegangan di kepala Anda. Letakkan dua jari ke pelipis dan pijat dengan lembut.

(**Michelle Tania)

REKOMENDASI UNTUK ANDA