by

Operasi Pasar Murah, Diserbu Ibu-ibu Ludes Terjual

GRESIK, BrataPos.com – Di bulan suci Ramadhan keperluan bahan pokok sangat melambung tinggi, namun harga pokok di pasaran sangat tinggi, sehingga masyarakat menjerit.

Demi membantu masyarakat untuk keperluan bahan pokok, Asosiasi Pedagang Pajale (Padi Jagung Kedelai) Kabupaten Gresik, menggelar Operasi Pasar Murah sembako impor yang di gelar di depan pasar Cerme, (29/5/2017).

Operasi pasar murah yang setiap hari digelar selama bulan ramadhan itu menjual Sembako seperti bawang putih asal Cina yang dijual hanya Rp. 30.000/kg, bawang putih asal India Rp. 25.000/kg, sedangkan untuk gula pasir hanya dijual Rp. 11.500/kg, dan beras medium Rp. 8.000/kg.IMG20170528160926

Hanya hitungan menit operasi pasar murah yang digelar oleh APP Kabupaten Gresik, puluhan kuwintal bawang putih, gula pasir, beras, minyak goreng, ludes terjual habis yang rata-rata pembelinya para ibu rumah tangga.

Eka warga Cerme salah satu pembeli mengatakan, dengan adanya operasi pasar murah ini sangatlah membantu para ibu-ibu, karena dipasar harga sangat mahal, yang berkisar 40-60 ribu.

“Sedangkan disini red yang digelar oleh APP sangatlah murah dibanding dengan harga pasar. Saya sangat terbantu dengan adanya operasi pasar ini. Paling tidak para ibu-ibu bisa lebih hemat belanjanya, apa lagi uang dijaman sekarang susah dicari,” katanya sambil tersenyum yang sudah membeli bawang putih.

Setiabudi, selaku koordinator Asosiasi pedagang Pajale (Padi Jagung Kedelai) Kabupaten Gresik mengatakan, tujuan menggelar operasi pasar murah ini untuk menekan harga pasar yang semakin tinggi terutama bawah putih, karena harga di pasar bawang putih mencapai 40-60/kg.

“Dengan adanya operasi pasar murah ini ditekan semaksimal mungkin supaya harga itu di pasar setara harga 30-25/kg. Untuk pasar murah ini siapa pun yang mau beli boleh berapa pun jumlah banyaknya tetap saya layani, beli satu sak pun boleh,” kata Setiabudi sambil sibuk melayani para ibu-ibu.

kegiatan operasi pasar murah ini, bukan hanya di Cerme ini yang kita gelar. Sebelum di Cerme kita sudah melaksanakan operasi pasar dibeberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Gresik.

“Seperti Kecamatan Balongpanggang, Kecamatan Benjeng, Kecamtan Kota, dan Kecamatan Cerme. Yang saya lakukan ini berdasarkan instruksi Kementerian Pertanian Republik Indonesia, agar bahan pokok harus turun,” jelasnya.

Operasi pasar murah ini dimulai jam 14.00 wib. (jml/mhd)

REKOMENDASI UNTUK ANDA