oleh

Mega Cetak Sejarah Ketum yang Tak Pernah Diganti

JAKARTA – Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan Megawati Soekarnoputri merupakan Ketua Umum PDI Perjuangan yang paling lama sepanjang sejarah setelah reformasi. Menurut dia, perlu ada pergantian pucuk pimpinan ditubuh partai berlambang banteng itu.

“Setelah reformasi, Ketua Umum PDI Perjuangan inilah yang tidak pernah berganti. Tidak ada satu pun parpol yang ketua umumnya tidak berganti kecuali Megawati,” kata Pangi, Senin (24/4/2017).

Ia menjelaskan memang tidak bisa mengintervensi Megawati untuk melakukan penyegaran diinternal partai yang dipimpinnya, karena itu urusan internal PDI Perjuangan. Namun, Mega juga sebetulnya sudah memberikan sinyal supaya melakukan regenerasi.

“Karena bagaimana pun setahu saya ini (Mega) ketua umum paling lama sepanjang sejarah,” ujarnya.

Menurut dia, harusnya paling tidak ada penyegaran atau regenerasi supaya partai tersebut menjadi lebih segar. Hanya saja, kata dia, masih ada juga yang mengkhawatirkan jika Megawati memberikan tongkat kepemimpinan PDI Perjuangan akan terpecah belah atau konflik. “Ini dilemanya disitu,” jelas dia.

REKOMENDASI UNTUK ANDA