by

Pesan Istana ke Peserta Aksi 31 Maret

Forum Umat Islam (FUI) akan menggelar unjuk rasa bertajuk demo 313 hari ini. Demonstrasi tersebut akan diawali dengan salat Jumat di Masjid Istiqlal. Sesudahnya, mereka akan longmarch menuju depan Istana Merdeka.

Mereka akan menyuarakan tuntutan mendesak Presiden Joko Widodo mencopot Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari jabatannya.

Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi mengatakan pihak Istana dan Presiden Jokowi menghormati unjuk rasa apapun yang dilakukan oleh warga. Hanya saja, unjuk rasa harus dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, termasuk demo 313.

“Jadi upaya untuk melakukan unjuk rasa, upaya menyampaikan pendapat di muka umum adalah hak publik yang harus dihormati. Tetapi harus memenuhi aturan-aturan perundangan yang berlaku. Anarkis, misalnya, tentu tidak diperbolehkan,” kata Johan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis 30 Maret 2017.

Sementara itu, Mabes Polri sudah menerima surat pemberitahuan tentang demo 313 dari FUI. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto mengatakan pihaknya masih mempelajari surat pemberitahuan tersebut.

“Masih dipelajari apa yang dimaksud pemberitahuan itu,” kata Rikwanto di kompleks Mabes Polri, Jakarta.

Menurut dia, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah personel untuk mengawal jalannya demo 313 tersebut. Hanya jumlahnya masih tentatif tergantung kebutuhan di lapangan nanti.

REKOMENDASI UNTUK ANDA