by

Polres Gresik Berhasil Ungkap 661 Kasus Sepanjang Tahun 2016

GRESIK, Polres Gresik dan jajarannya menjelang tutup tahun berbuah manis dalam mengungkap kasus yang terjadi diwilayah hukum Polres Gresik yang terekspos dalam kegiatan Press Release tahunan Polres Gresik kemarin hari rabu (28/12/16). Dalam pres liris tahunan ini dipimpin oleh Kabag Ops Polres Gresik Kompol Nur Halim.

Keberhasilan Polres Gresik di tahun 2016 ini antara lain penurunan jumlah pelapor kasus kriminalitas sebanyak 65 kasus dari tahun 2015, namun peningkatan dalam penyelesaian kasus sebanyak 13 kasus. Ada juga kasus crime index yang terjadi penurunan kejadian yang pada tahun 2015 sebanyak 444 kasus menjadi 353 kasus. Pengungkapan kasus menonjol tentang penemuan mayat diwilayah Kecamatan Kebomas. Pengungkapan kasus narkoba sebanyak 95 kasus.

Kabag Ops Polres Gresik Kompol Nur Halim mengatakan, bahwa diantara masalah yang muncul dan berhasil dipecahkan antara lain ; Sengketa pembangunan masjid di Desa Suci, Manyar, sengketa pelebaran jalan yang selama 20 tahun tidak selesai-selesai di Duduksampeyan, akhirnya selesai.“ Dan banyak lagi, ada sengketa pembebasan lahan, dan lain-lain,” kata Nur Halim.img-20161230-wa0043

Masyarakat sangat terbantu oleh keberadaan tim Gajah Mada, sehingga setiap persoalan yang muncul di masyarakat bisa tertangani tanpa harus lewat jalur hukum, apa lagi sampai menimbulkan anarkisme. Begitu pula dengan Go Sigap, program aplikasi android ini dibuat Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan, tujuannya mendekatkan pelayanan polisi ke masyarakat tanpa harus bertatap muka.

Artinya terang Nur Halim, masyarakat yang membutuhkan bantuan polisi dari Polres hingga Polsek, bisa nemanfaatkan Go Sigap. Dan terbukti, pasalnya, masyarakat yang mendownload Go Sigap sebanyak 2.687 orang masyarakat umum, 755 anggota polisi dan sudah 625 orang yang menggunakan terkait permintaan bantuan petugas, dan 26 pengaduan lewat Go Sigap yang di respon polisi.“ Manfaatnya, banyak kasus terbongkar melalui pelayanan android ini,” jelas Nur Halim.

Sementara itu, AKP Ricky menyampaikan permohonan maaf lantaran Kapolres tidak bisa memimpin langsung press release tahunan ini berhubung mendadak mendampingi Kapolda Jawa Timur.

Ada juga keberhasilan Tim Gajah Mada Polres Gresik adalah menangkap tindak pidana narkoba di Desa Kroman Gresik, penyelesaian sengketa pembangunan Masjid Asy Safi’i di Desa Suci Manyar Gresik, penyelesaian sengketa pelebaran jalan di simpang empat Duduk Sampeyan Gresik, penyelesaian sengketa pembebasan tanah berkaitan dengan pembangunan jalan tol Surabaya-Mojokerto (SUMO), mediasi dengan forpimda sehingga pengeksekusian tanah bangunan di Kecamatan Kebomas berjalan aman dan tertib. Dan banyak juga keberhasilan Polres Gresik dalam penanganan laporan masyarakat melalui aplikasi Go Sigap. (jml/wld)

REKOMENDASI UNTUK ANDA