by

Warga Gadel Masih Resah, Tanah Seluas 30 Hektar Tak Diakui Oleh Pemkot

-Adventurial-1,462 views

SURABAYA, Meski Walikota Surabaya, Tri Rismaharini berulangkali mendatangi Desa Gadel, Kelurahan Karangpoh, Kecamatan Tandes Kota Surabaya, namun warga Gadel masih resah. Mengapa? Karena desa yang luasnya sekitar 30 hektar ini ternyata selama 43 tahun tidak diakui Pemkot Surabaya, benarkah? Bahkan program Pemkot Surabaya untuk membantu menaikkan status tanah tidak berlaku untuk Desa Gadel.

Bisa dipastikan, untuk melakukan jual beli tanah di wilayah Desa Gadel hanya cukup dengan surat yang dibuat oleh pihak kelurahan serta diukur ulang oleh lurah setempat. Boleh dikata, Desa Gadel memang ada, namun Pemkot Surabaya tidak mengakui keberadaan Desa Gadel.

Hal ini terbukti dengan konfirmasi petugas bagian informasi Badan Pertanahan Nasional (BPN) Surabaya di kawasan Citraland menyebutkan bahwa tanah Desa Gadel adalah milik pemerintah.

Petugas cantik berhijab saat ditemui wartawan media ini menyarankan agar menanyakan kepada kelurahan setempat guna meminta riwayat tanah tahun 2016 atau menanyakan kepada lurah setempat apakah Desa Gadel masuk dalam kolektif program Pemkot Surabaya.

Joko, Sekretaris Kelurahan Karangpoh mengaku bahwa sejak Desa Gadel menjadi bagian Kelurahan Karangpoh (dulunya Kelurahan Gadel) ia tidak pernah menerima buku riwayat tanah Desa Gadel,  Saya ngomong cukup sekali ya dan tidak akan saya ulangi lagi. Untuk lebih jelasnya silahkan tanya kepada Lurah Karangpoh,  jelasnya, rabu kemarin.

Senada disampaikan Lurah Karangpoh, Jatmiko mengatakan, Gadel itu tidak ada buku riwayat tanahnya. Kalau Karangpoh masih ada. Coba datang ke Dinas Pengelolaan Bangunan Dan Tanah Pemkot Surabaya, tanyakan ke Bu Yayuk. Karena saya dengar masih koordinasi dengan Bu Risma,  terang Lurah Karangpoh.

Masih kata Jatmiko, Ketua RW Gadel dan Tubanan beserta LKMK masih memperjuangkan masalah ini dibantu sama anggota dewan Moch Mahmud,  kata Jatmiko.

Sementara itu Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT) Pemkot Surabaya, Yayuk belum bisa dikonfirmasi, Menurut salah satu petugas piket mengatakan bahwa Yayuk masih sibuk rapat. (Bnd)

REKOMENDASI UNTUK ANDA