by

Pembangunan Embung Di Wilayah Madura, Dipertanyakan Fungsinya

Pamekasan. Beberapa waktu yang lalu, sejumlah aktivis muda melakukan audensi dengan UPTD, pengairan jawa timur yang ada di jl.panglegur pamekasan, yang dimotori oleh LSM Aliansi warga pantura (AWP) dan aktivis putra daerah madura, dengan tema pembangunan empang/embung yang ada dimadura.

Imam syafi’I, ketua LSM aliansi warga pantura (AWP). Mempertanyakan pembangunan empang/embung, yang hanya dibangun di pamekasan bagian selatan oleh pihak UPTD. pengairan jatim, padahal secara geografis bagian utara lebih kesulitan mendapatkan air,” jangankan untuk irigasi pertanian, untuk minumpun sangat kesulitan” jadi pihaknya sangat heran dengan perencanaan atau penelitian yang dipakek dinas pengairan jatim yang hanya dibangun ditlanakan.

Pihaknya, juga mempertanyakan manfaat embung tersebut,” karena setelah musim hujan selesai, air yang ada di embung sudah habis, terang imam syafi’I, kamis (28/04/2016) diaula pertemuan UPTD. pengairan jatim.

Ditempat yang sama, choirul anam aktivis putra daerah madura, mengatakan bahwa pembangunan embung dan waduk yang ada di sampang belum bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat madura khususnya masyarakat kota sampang, karena sudah bertahun – tahun sampang dilanda banjir. Pihaknya sangat heran sekali, padahal sudah jelas banjir disampang itu akibat kiriman dari daerah yang lebih tinggi seperti kecamatan robatal,kedungdung,krangpenang dan omben. Jadi pihaknya berharap kepada UPTD pengairan benar-benar meneliti tentang letak pembangunan embung secara matang, sehingga keberadaan embung tersebut, bisa mengatasi banjir dan bisa buat irigasi pertanian, karena eman uang miliaran gak ada manfaatnya sama sekali, ujarnya.

Menanggapi, penemuan para aktivis muda, salah satu perwakilan UPTD.pengairan jatim pak gatot, akan menindaklanjuti agar nanti pembangunan bisa merata, supaya masyarakat madura ketersediaan air tercukupi dan untuk khusus sampang itu sebenarnya sudah jadi bahan nasional bukan hanya daerah, maka dari itu pemerintah memikirkan cara yang terbaik agar supaya sampang tidak banjir lagi. Pokoknya pihaknya menampung semua aspirasi teman – teman aktivis muda dan pihaknya akan langsung menyampaikan kepimpinan yang ada di surabaya, terangnya.(Rul/zaen/edi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA