by

PERAYAAN RUWAH DESA TUBANAN INDAH

-Adventurial-1,436 views

SURABAYA, BRATA POS. Dari sudut Kota Surabaya, tepatnya di Desa Tubanan Kelurahan Karangpoh Kecamatan Tandes Kota Surabaya, perayaan besar setahun sekali terjadi pada minggu 15/11/15. Ribuan orang berdiri di pinggir jalan untuk menyaksikan kirap keliling sedekah bumi desa.

Berbagai bentuk ancak dari warga Desa Tubanan Kelurahan Karangpoh Kecamatan Tandes Surabaya, di Karak Keliling kampung sebagai wujud syukur kepada tuhan yang maha esa atas limpahan rizki yang di terima oleh warga Desa Tubanan.

Dari berbagai bentuk ancak yang di dalam Arak – arakkan tersebut ada beberapa bentuk gunungan yang berisi hasil bumi berupa sayur dan buah-buahan Itu menjadi sasaran warga mengambil gambar untuk mengabadikannya.

Ritual sedekah bumi di wilayah barat kota Surabaya itu dikemas secara modern, dengan menghadirkan drum band, Kemudian diikuti pick – up yang berisi gunungan hasil bumi dan masing – masing ancak dikawal oleh warga yang berkostum macam – macam, mulai dari kostum zaman dulu sampai zaman modern.

Bahkan di Jalan kampung Desa Tubanan Kelurahan Karangpoh dipadati seluruh warga menyempatkan diri keluar rumah untuk menyaksikan arak – arakan tahunan sedekah bumi yang lengkap dengan karnavalnya.

Acara tersebut juga di hadiri oleh banyak instansi dan terlihat pula anggota DPRD kota Surabaya yaitu Moch. Mahmud S.Sos.Msi.

Saat awak media brata pos mendatangi Moch. Mahmud S.Sos.Msi mengatakan kita sebagai penerus wajib melestarikan adat budaya ini karena acara seperti ini merupakan peninggalan nenek moyang dan kami sebagai wakil rakyat akan mengupayakan untuk kesejahteraaan rakyat, Terutama untuk kegiatan-kegiatan seperti ini, “katanya.

Untuk dana sedekah bumi Desa Tubanan tahun ini memang tidak gratis di karenakan aturan Pemerintah sekarang untuk warga yang mengajukan proposal di haruskan berbadan hukum,sedangkan warga tubanan badan hukumnya masih dalam proses, jadi warga desa Tubanan Kelurahan Karangpoh Kecamatan tandes untuk tahun depan sudah gratis,”tegasnya.

Saya berharap untuk tahun yang akan datang perayaan sedekah bumi ini bisa lebih meria dan lebih bagus lagi,”harapnya.
Di sela percakapan kami dengan anggota DPRD kami juga berbincang dengan toko agama yang di kenal oleh warga tubanan yaitu Gus imam.

Gus imam berpendapat terkait sedekah bumi yang di laksakan oleh warga desa tubanan, semua ini merupakan pelestari adat budaya dan kita wajib menghormati pengorbanan leluhur kita atas jeripayahnya desa tubanan ini ada, dengan susa paya para leluhur kita berjuang membangun (babat alas) sehingga menjadikan Desa Tubanan ini. Kata Gus Imam kepada wartawan Brata Pos. (bnd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA