Pencairan Dana Silpa Desa Pojok Menimbulkan Polemik di Masyarakat

1056

BOJONEGORO, BrataPos.com – Pencairan dana Silpa tahun 2019 Desa Pojok Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro yang dicairkan di Bank Jatim pada hari Kamis (13/02) menimbulkan tanda tanya besar di kalangan masyarakat Desa Pojok yang akan melaksanakan Pilkades pada hari Rabu (19/02).

Budi, selaku Plh. Desa Pojok, yang juga ASN Kasi Kesra Kecamatan Purwosari ketika ditemui bratapos.com di ruangannya mengatakan,”Memang dana itu sudah kita cairkan sejumlah 260 juta kemarin (13/02), dan itu berbarengan dengan pencairan dana pilkades. Bahkan desa Pojok ini termasuk paling belakang dibanding desa-desa yang lain. Saya juga kaget ketika mendengar isu seperti ini. Makanya hari ini saya kumpulkan semua perangkat dan dana tersebut akan kita kembalikan ke rekening desa, karena pengerjaannya pun juga masih nanti setelah Pilkades. Saya berharap masyarakat dan juga para calon kepala desa maupun tim sukses tidak terprovokasi dan tetap menjaga kondusifitas desa Pojok, dan agar tidak terjadi misinformasi, masyarakat bisa langsung menemui saya terkait hal ini.”

Dengan adanya informasi pencairan dana Silpa tersebut muncul prasangka dari masyarakat yang khawatir dana yang belum terpakai tersebut “diduga” akan dimanfaatkan oleh salah satu calon untuk mendukung kemenangannya dalam Pilkades 19 Pebruari yang akan datang.

Salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya mengatakan,”Dari informasi yang kita terima, jumlah pencairan tersebut sudah berbeda-beda. Ada yang mengatakan 190 juta, ada yang 250 juta. Itulah yang membuat kita bersu’uddhon terhadap penggunaan dana tersebut. Kalau memang pekerjaan akan dikerjakan setelah Pilkades, kenapa dana itu dicairkan sekarang disaat suhu politik agak memanas, kenapa tidak nanti saja setelah pilkades?”

Yudianto, yang akrab dipanggil Totok sebagai salah satu calon kepala desa ketika dikonfirmasi terkait hal ini mengatakan,”Saya tidak ambil pusing atas isu pencairan dana ini. Yang penting bagi saya masyarakat tetap kondusif dan Pilkades yang akan datang berjalan dengan lancar, dan saya berharap semua perangkat desa maupun panitia bekerja sesuai tupoksinya masing-masing dan tetap menjaga netralitas dalam Pilkades.”

Reporter : Goen
Publisher : Dik

Facebook Comments