Masyarakat Lamongan Tidak Perlu Lagi Antri Panjang di Disdukcapil

52

LAMONGAN, BrataPos.com – Antrian panjang yang biasanya kita temui di Disdukcapil Lamongan, saat ini sudah tidak mungkin dijumpai lagi. Hal itu disebabkan pencetakan KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK) di Lamongan, kini sudah bisa dilakukan di seluruh 27 kecamatan. Sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Kota Lamongan.

Sebagaimana yang dituturkan salah seorang warga dari Kecamatan Sugio, yang mengurus pembuatan Akta Kematian untuk bapaknya, sebagai syarat perubahan KK.

“Saya mengurus Akta Kematian untuk bapak saya. Tadi datang langsung dilayani, dan ini tinggal menunggu proses pencetakan. Alhamdulillah, rupanya sekarang semakin cepat, bisa selesai dalam sehari,” ujarnya. Kamis (13/02).

Bahkan area parkir yang biasanya penuh sesak dipadati kendaraan masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan, kini tak dijumpai lagi.

Bupati Lamongan, Fadeli menegaskan persoalan pelayanan menjadi perhatian utamanya. Untuk dokumen kependudukan lain, seperti Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Kartu Identitas Anak (KIA), pencetakannya masih harus di Disdukcapil.

Fadeli mengaku bahwa saat ini pencetakan KTP elektronik dan KK sudah bisa dilakukan di kantor kecamatan, sehingga pelayanan menjadi semakin cepat.

“Ini bisa dilakukan karena Disdukcapil sudah memanfaatkan teknologi, sehingga untuk tanda tangan kepala dinas cukup secara elektronik melalui gawai.” kata Fadeli, saat sidak.

Reporter : SM
Publisher : Dik

Facebook Comments