Banjir Di Pasar Baru Disebabkan Genangan Air Walikota Tanjung Balai Tinjau Lokasi Pengerukan

Reporter : Irwansyah Editor : Nr Publisher : Redaksi

54

Tanjung Balai, Bratapos.com – Walikota H.M Syahrial SH,MH meninjau langsung pengorekan Drainase dijalan Yos Sudarso, Kelurahan Muara Sentosa, Kecamatan Sei Tualang Raso, Kamis 13 Februari 2020 Sore.

Pengorekan ini dilakukan usai kunjungan awal yang dilakukan Walikota Tanjung Balai dihari sebelumnya dalam menyahuti keluhan masyarakat akan genangan air atau banjir yang terjadi di Jalan Satria, Pasar baru.

Guna memperlancar aliran air dijalan tersebut, Walikota melihat langsung pengerukan Drainase atau parit sepanjang Jalan Yos Sudarso guna membuka aliran pembuangan air yang akan dilalui sebelum mengalir ke sungai sehingga harapannya tidak lagi terjadi banjir khususnya di kawasan pasar baru, ungkap Walikota.

Tiba dilokasi, Walikota H.M Syahrial langsung meninjau pengerukan Drainase di depan SPBU Singguan kemudian beliau berjalan kaki bersama para Kepala OPD menuju arah Jembatan Titi Gantung, dan meninjau Drainase yang berada di Samping Alfamart.

Pada saat dilakukan pengerukan, kondisi drainase tampak sudah mengalamin penyubatan akibat sampah dan lumpur.

Perjalanan air tadinya tersumbat mulai mengalir dengan lancar ketika sampah-sampah dan lumpur diangkat oleh petugas dengan menggunakan alat berat escavator besar dan kecil serta cangkul dan sekop. Tidak hanya itu saja untuk memastikan tidak ada lagi sumbatan dibantu petugas dari dinas lingkungan hidup.

Pemkot Tanjung Balai juga mengimbau para pedagang kaki lima yang berjualan di atas Drainase untuk menertibkan dagangannya dibantu oleh petugas Satpol PP Kota Tanjung Balai memindahkan dagangannya karena akan dilakukan pembersihan sehingga nantinya aliran drainase dapat terkontrol dengan baik dan lancar

Dari hasil tinjauan tersebut, Walikota Tanjung Balai mengatakan Drainase ini sudah lama tidak dibersihkan sehingga mengalami penyumbatan akibat sendimentase dan sampah yang sudah mengeras.

“Hari ini Drainase ini kita bersihkan agar tidak ada lagi penyumbatan yang langsung dikerjakan oleh Dinas PUPR dibantu Dinas Limgkungan hidup, Satpol PP, Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan, nantinya air dari Drainase ini akan kita alirkan ke ke sungai asahan.”Jelas Walikota H.M Syahrial.

Dalam kesempatan ini juga tidak lupa Walikota Tanjung Balai menghimbau kepada masyarakat agar jangan lagi membuang sampah kedalam Drainase. Saya juga mengimbau Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan untuk melakukan gotong royong membersihkan daerah tempat tinggalnya

“Saya minta masyarakat jangan lagi membuang sampah kedalam parit, menjaga kebersihan lingkungannya dan melaksanakan gotong royong di daerahnya masing masing terutama di aliran Drainase dan parit agar air dapat masuk kedalam parit dan mengalir dengan lancar hingga ke sungai. Jadi mari sama-sama kita jaga kota kita ini.”pesan Walikota Tanjung Balai, H.M Syahrial.

Sebelumnya, Kadis PUPR Tanjung Balai, Tetty Juliani Siregar mengatakan pengerukan drainase ini untuk mengurangi Volume air yang menggenangi Jalan Sei Saloso atau Satria Kelurahan Muara Sentosa Kecamatan Sei Tualang Raso.

Lokasi Drainase yang dibersihkan di Jalan Yos Sudarso mulai dari depan  Alfamart, SPBU Singguan sampai dengan Jembatan Titi Gantung, jelasnya.

Facebook Comments