by

A. Busyro Karim Bupati Sumenep, Berharap Kepala Desa Wajib Beri Ruang Partisipasi Masyarakat

Sumenep, Bratapos.com – A. Busyro Karim Bupati Sumenep, berharap kepada para Kepala Desa agar memberikan ruang partisipasi Masyarakat untuk kemajuan desa. Hal itu disampaikan saat pembukaan sosialisasi pembentukan BPD 328 Desa yang digelar di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat.

Menurutnya, sistem pemerintahan Desa bisa berjalan dengan baik, bila mana masyarakat ikut andil dan di beri ruang untuk masuk dalam sistem guna memberikan warna.

“Kuncinya, harus ada partisipasi Masyarakat, pemberdayaan masyarakat, itu yang paling pokok. Masyarakat harus diberikan ruang untuk andil dalam membangun Desa, salah satu caranya lewat pembetukan BPD ini,” terangnya.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep menegskan, kemajuan Kabupaten Sumenep di tentukan oleh kemajuan desa, oleh karena itu, lanjud dia, kemandirian desa yang tercermin melalui keterlibatan seluruh komponen dalam setiap perencanaan program menjadi penting.

“Kita harus terus melakukan yang terbaik untuk desa, BPD harus mampu menyerap aspirasi masyarakat, kemudian menyalukan usulan itu kepada pemerintah Desa agar dimasukkan dalam APBDes, jadi apa yang tertuang di APBDes harus mencerminkan aspirasi Desa, “pintanya.

Sementara itu, MOH.Ramli, Kepala DPMD Sumenep menyampaikan, sosialisasi pembentukan BPD 328 Desa, guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi para kepala Desa terhadap peraturan perundang undangan yang mengatur tata cara pengisian dan pembentukan Badan Permusyawatan Desa (BPD).

“Kami menggelar sosialisasi ini, untuk meningkatkan pemahaman para kades tentang peraturan yang mengatur tentang tata cara pembentukan dan pengisian BPD di 328 desa, karena tahun ini telah berakhir masa jabatannya,” tukasnya.

Kepala DPMD Sumenep juga menambahkan, karena banyak peserta, maka sosialisasi tersebut di bagi dalam tiga segmen.

“Peserta sosialisasinya kita bagi dalam 3 angkatan, angkatan pertama 110 desa, kedua 110 juga, di segmen 3 terdiri dari 108 desa,” sebutnya.

Reporter : zr

Editor : Dr

Publisher : Redaksi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA