by

Pengelola IPHPS Ikuti Penyuluhan Koperasi Dari Kemenkop dan UKM

Kendal, Bratapos.com – Deputi Bidang Kelembagaan Asisten Deputi Bidang Penyuluhan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) Republik Indonesia, menggelar penyuluhan perkoperasian kepada kelompok masyarakat strategis Kabupaten Kendal.Rabu (12/2), di hotel Sae Inn Kendal, yang diikuti oleh 30 orang dari pelaku Ijin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) yang ada di Kabupaten Kendal.

Sebagai pemateri penyuluhan, Bagus Rachman SE MEc dari Asisten Deputi Bidang Penyuluhan. Hadir pada kesempatan tersebut Kuncahyadi Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kendal.

Dalam penyampaiannya, Bagus Rachman mengatakan bahwa dasar dari pembentukan koperasi adalah UUD 1945 BAB XIV Pasal 33 tentang perekonomian nasional dan kesejahteraan sosial, dimana ayat 1 menyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.

Lebih lanjut Bagus menyampaikan juga, bagaimana langkah yang harus ditempuh agar koperasi di Indonesia umumnya dan di Kendal khususnya, bisa maju dan besar, dan bisa memberikan kesejahteraan kepada anggotanya.


” Koperasi harus berprinsip bahwasanya koperasi itu adalah perusahaan. Sehingga harus dijalankan secara profesional dan berorientasi pada keuntungan “, kata Bagus.

Dalam hal permodalan, Bagus mengakui bahwa koperasi di Indonesia, memang masih terbentur dengan masalah modal, namun bukan berarti masalah permodalan tidak ada jalan keluarnya.

Sementara itu, Kuncahyadi mengatakan bahwa belum berkembangnya koperasi di Kabupaten Kendal, karena ada beberapa faktor sebagai penyebabnya, diantaranya adalah orientasi dari koperasi yang ada, belum pada profit oriented tapi masih lebih cenderung pada social oriented dan masih dilakukan secara tradisional.

” Karena para peserta berasal dari IPHPS dan mereka itu memiliki aset, maka mereka itu harus menjadi pengusaha, yang pada akhirnya bisa menghasilkan kesejahteraan bagi anggotanya “, pungkas Kuncahyadi.

Reporter : ADP

Editor : Nr

Publisher : Redaksi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA