Categories
Bratapos Sumsel Nasional Pemerintahan Terbaru

Khenoki Waruwu Wakil Bupati Kab.Nias Barat Sumut Membuka Resmi Musrenbang Kec.Lahomi

Nias Barat, Bratapos.com – Wakil Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu hadiri sekaligus membuka dengan resmi Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Lahömi tahun 2021, bertempat Balai Pertemuan Kantor Camat Lahömi, Rabu (12/02/20).

Hadir juga dalam acara ini Ketua DPRD Nias Barat Drs. Evolut Zebua, anggota DPRD dari Fraksi PDIP Fatohu Hia, A.Md, anggota DPRD dari Fraksi NasDem Si’ado Zai, SE, MM dan Perdamaian F. Daeli, SH, anggota DPRD dari Fraksi Golkar Nobis Daeli, S.Sos.

Musrenbang kali ini disamping dihadiri oleh lima orang anggota DPRD asal pemilihan Dapil 1, hadir juga para tokoh masyarakat Kecamatan Lahömi, para Kepala Desa dan unsur Muspika lainnya, diantaranya Kepala Sekolah se-Kec. Lahömi dan Kepala Unit Kantor se-Kec. Lahömi.

Selanjutnya Camat Lahömi Kharasi Daeli, S.Sos,MM, memaparkan profil Kecamatan Lahömi serta gambaran umum kebutuhan prioritas. “Sesuai hasil Musrenbangdes yang hari ini dapat dirumuskan pembobotannya melalui pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan Lahömi pada hari ini,” ujar Kharasi Daeli.

Sambutan Ketua DPRD Nias Barat Drs. Evolut Zebua menjelaskan, bahwa target dan sasaran pembangunan Nias Barat tahun 2021 merupakan pedoman kita dalam musrenbang hari ini tentu sesuai dengan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat.

Lebih lanjut Drs. Evolut Zebua menyampaikan, bahwa pembangunan kita tidak boleh terlepas dengan pembangunan di desa, sebab satu kesatuan yang harus terintegral, kita berharap ada sinkronisasi dan sinergi yang tidak saling tumpa-tindih.

“Namun, yang harus kita catat bahwa visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu harus diwujudkan yakni pembangunan dari kabupatèn ke kecamatan, dan ke masing-masing desa, kecuali peumbangunan sektor lain di bidang kesehatan dan pendidikan serta sektor-sektor lain. Kita juga harus memprioritaskan pembangunan ekonomi produktif untuk menjawab daya beli masyarakat,” ujar Ketua DPRD Nias Barat.

Kemudian arahan dari Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu sekaligus membuka secara resmi Musrenbang. Bupati Nias Barat menyampaikan, bahwa Musrenbang kali ini dihadiri oleh segenap para tokoh yang memiliki program baru dan harapan yang baru pula.

“Musrenbang ini merupakan agenda rutin kita yang merupakan tahapan dalam proses pembangunan daerah yang didasari oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 yang perlu penajaman, klasifikasi dan usulan kegiatan pembangunan desa yang di integrasikan pada pembangunan kecamatan dan kabupaten,” papar Wabup.

Selanjutnya Wakil Bupati menjelaskan, bahwa musyawarah rencana pembangunan ini adalah wadah partisipasi masyarakat untuk memberikan masukan dan menyelaraskan pembangunan antar wilayah.

“Ini menjadi ruang untuk kita menyerap dan menerima aspirasi dari masyarakat yang ada di Kecamatan Lahömi pada seluruh tingkatan. Maka dari itu, saya minta apa yang akan dituangkan dalam dokumen perencanaan nantinya bukan dalam konteks keinginan atau ego sektoral tetapi berdasar pada kebutuhan,” ujarnya.

“Diharapkan kepada stakeholder untuk berkontribusi dengan mengesampingkan ego-sektoral tetapi fokus pada skala prooritas. Musrenbang kali ini merupakan musrenbang terakhir pada periode kepemimpinan kami, untuk itu melalui Musrenbang ini kita dapat membahas issu-issu strategis dan menjawab setiap permasalahan yang ada,” jelasnya.

Wakil Bupati Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menegaskan kepada para OPD terkait, bahwa apa yang sudah dirumuskan pada Musrenbang hari ini, tidak diperbolehkan dari pihak manapun untuk merubahnya, sehingga tercipta program yang integral dan berbasis ekonomi kerakyatan.

Reporter : Sabar

Editor : Dr

Publisher : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *