Categories
Bratapos Sumbagut Bratapos Sumsel Budaya Nasional Pemerintahan Pemerintahan Sosial Terbaru

Pemkot Tanjung Balai Salurkan Santunan Kepada Anak Yatim

Tanjung Balai, Bratapos.com – Peduli terhadap keberlangsungan hidup anak yatim Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjung Balai bulan lalu telah mendeklarasikan Program Pemerintah Kota Tanjung Balai Peduli Anak Yatim (PENTATIM).

Menindaklanjuti hal tersebut, hari ini Walikota Tanjung Balai H.M Syahrial SH,MH didampingi para OPD, Camat, Lurah, dan Kepala Lingkungan serta dihadiri Ketua MUI Tanjung Balai H. Syahron Sirait memberikan langsung santunan anak yatim di dua Kecamatan yakni Kecamatan Datuk Bandar dan Kecamatan Datuk Bandar Timur.

“Hari ini Pemkot Tanjung Balai menyalurkan santunan kepada anak yatim, untuk hari pertama penyaluran santunan dilakukan di Kecamatan Datuk Bandar yang lokasinya di SMPN 5, Jalan Pendidikan, Kelurahan Pahang pagi hari dan kedua pada sore hari di Kecamatan Datuk Bandar Timur tepatnya di Masjid Jamilisabil, Jalan MT. Haryono, Kelurahan Selat Lancang”.

Walikota Tanjung Balai H.M Syahrial mengatakan, anak yatim/piatu merupakan tanggung jawab kita semua. Hari ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Deklarasi yang kita laksanakan pada 20 Januari lalu. Saat ini, saya bersama seluruh OPD dan ASN yang saat ini menjabat di OPD masing masing, mulai dari Kelurahan, Kecamatan, Bagian, Dinas, Badan dan Inspektorat turun langsung bertemu dan menyerahkan santunan kepada anak yatim yang menjadi anak asuh, ujar Wali Kota

“Anak yatim/piatu di Kota Tanjung Balai yang masih dalam masa pertumbuhan itu semua merupakan tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjung Balai untuk mengangkatnya menjadi anak asuh untuk membantu dan menjamin kelangsungan kehidupan mereka,” katanya.

Untuk itu, Walikota mengimbau kepada seluruh pejabat untuk ikut ambil alih mengangkat meraka menjadi anak asuh dan membantu kelangsungan hidup mereka dalam bentuk pemberian santunan, Insyaallah santunan yang diberikan bisa digunakan untuk keperluan pendidikan anak anakku sekalian.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada ASN dilingkup Pemkot Tanjung Balai yang telah ikut mensukseskan program ini. Nantinya saya akan berkoordinasi dengan DPRD Tanjung Balai dan Perbankan untuk terus melanjutkan kegiatan ini di Kota Tanjung Balai. Insyaallah, mari kita jadikan kegiatan ini menjadi ladang amal untuk kita bersama, tutur Walikota.

Saya juga mengimbau kepada masyarakat kota Tanjung Balai yang beragama apapun apabila ada anak yatim/piatu untuk segera melaporkan kepada pihak Kepala Lingkungan dimasing masing tempat tinggal, pihak kelurahan, maupun kecamatan ataupun datang langsung ke Bagian Kesejahteraan Sosial setdakot Tanjung Balai di Kantor Walikota Tanjung Balai untuk segera memproses pendataan anak tersebut.

“Kalau ada anak anak yatim/piatu yang masih mebutuhkan perhatian tolong disampaikan pihak terkait untuk segera meninjau kondisinya,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Walikota Tanjung Balai H.M Syahrial juga mengatakan kegiatan seperti ini akan terus berlanjut setiap bulannya. Nantinya, para ASN yang menjadi orang tua asuh akan mendapatkan alamat dan nama nama anak yatim yang menjadi anak asuhnya dan menyerahkan santunan mereka setiap bulannya, baik secara langsung maupun melalui Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial di Kelurahan masing masing, sesuai dengan alamat anak yatim tersebut, papar Walikota

“Pemkot Tanjung Balai telah berkomitmen untuk menghadirkan kebahagiaan ditengah masyarakat salah satunya lewat program PENTATIM dengan tujuan 100% anak yatim/piatu mendapat orang tua asuh dan mendapatkan kebahagiaan,” katanya.

Walikota H.M Syahrial berharap dengan rasa kepedulian ini akan menumbuhkan rasa saling cinta, saling menyayangi sesama makhluk sosial untuk melakukan kebaikan.Dan beliau berterimakasih untuk semua pihak yang telah turut membantu.

“Kita tidak boleh mengabaikan mereka, jika kita ikut serta dalam program ini dan tidak mengabaikannya maka kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang disayangi Allah,” katanya.

Berdasarkan data yang diperoleh, di Kecamatan Datuk Bandar Pemkot Tanjung Balai menyerahkan santunan kepada 299 orang dari 147 pemberi santunan dan di Kecamatan Datuk Bandar Timur sebanyak 179 orang penerima santunan. Kegiatan serupa juga akan dilanjutkan esok hari di Kecamatan Teluk Nibung dan Sei Tualang Raso serta hari ketiga di Kecamatan Tanjung Balai Utara dan Kecamatan Tanjung Balai Selatan.

Sebelumnya Pemkot Tanjung Balai sudah mendata jumlah dan membuat perincian terkait santunan anak yatim yang akan ditanggung oleh orang tua asuh diantarnya untuk Walikota sebanyak 11 orang anak, Wakil Wali Kota dan Seketaris Daerah masing masing sebanyak 8 orang, Pejabat Eselon II sebanyak 5 orang , Eselon III sebanyak 3 orang, eselon IV A sebanyak 2 orang dan Eselon IV B satu orang anak yatim

Jumlah keseluruhan anak yatim yang di santuni Pemkot Tanjung Balai sebanyak 1397 Orang, santunan ini akan diberikan kepada anak yatim/piatu tidak terkecuali baik yang beragama Islam maupun agama lainnya, begitu juga dengan pejabat pejabat yang menyantuni. 

Reporter : Irwansyah

Editor / publisher : zai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *