by

Serangga Berbau Busuk Serang Rumah Warga, Pemilik Rumah Kewalahan

SITUBONDO , Bratapos.com – Sudah beberapa hari ini ribuan serangga berbau busuk serang rumah Pandi 60 tahun, salah satu warga Desa Sumber Anyar, Kecamatan Jati Banteng, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Bangkai serangga itu memenuhi sudut rumah hingga tempat tidur.

Serangga berbau busuk yang dikenal dengan sebutan Kempe, menurut Pandi datang secara tiba-tiba. Tak tau dari mana dan disebabkan apa, tiba-tiba saja ribuan Kempe berjatuhan ke lantai rumahnya.

” Kami tidak tahu pasti datangnya Kempe ini dari mana dan sejak kapan. Yang kami tahu sudah tiga hari ini tahu-tahu di lantai rumah sudah banyak bangkai Kempe yang baunya busuk dan menyengat, “ujar Pandi Rabu (15/01/2020).

Penghuni rumah bahu membahu membersihkan bangkai ribuan Kempe itu. Bahkan Kempe-Kempe yang masih hidup beterbangan dan bergelantungan di plafon dan atap rumah, ” Kami kewalahan mengatasi Kempe-Kempe ini, sudah dibersihkan tapi masih banyak yang datang, “terangnya.

IMG-20200115-WA0272

Saking banyaknya Kempe tersebut serang rumah Pandi, saat bangkai serangga berwarna hitam itu dikumpulkan setidaknya mencapai 10 ember air. Saat membersihkan bangkai Kempe tersebut, ada beberapa anggota keluarga Pandi sampai muntah-muntah nyaris pingsan karena tak kuat menahan bau.

“Semua ruangan banyak bangkai Kempe busuk. Yang kami tidak tahan baunya itu, sangat mengganggu kami, “ucapnya.

Akibat bau busuk di dalam rumah itu, penghuni rumah terpaksa mengungsi ke rumah tetangga yang masih kerabat.

IMG-20200115-WA0274

Setelah ramai menjadi perbincangan warga, akhirnya Kepala Desa Sumber Anyar dan Forpimca Jati Banteng, Situbondo mendatangi rumah Pandi. Kedatangan aparat ini membantu menyemprotkan pestisida ke Kempe yang masih hidup. Namun hasilnya bukan hilang, Kempe yang lain malah berdatangan.

” Pihak desa dan kecamatan sudah datang, menyemprotkan pestisida. Anehnya, bukan hilang, tapi yang lain malah berdatangan, “kata Pandi.

Sejauh ini belum ada bantuan dari Pemkab Situbondo terkait serangan Kempe di rumah Pandi. Dirinya berharap Pemkab dapat membantu mengatasi Kempe yang menyerang rumahnya.

Reporter : Yat

Editor/ publisher: zai

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA