Pemkot Tanjung Balai Hibahkan Tanah Ke YMPI Bangun STAI Nurul Ilmi YMPI Tanjung Balai

7

TANJUNG BALAI, Bratapos.com – Yayasan Madrasah Pendidikan Islam (YMPI) Kota Tanjung balai merasa haru dan bahagia, Pasalnya, Pemkot Tanjung Balai  menghibahkan tanah seluas 696 M2 untuk pembangunan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Ilmi YMPI yang berada di jalan Yos Sudarso Jalan Besar Teluk Nibung Kelurahan Sumber Sari, Kecamatan Sei Tualang Raso, Tanjung Balai (Senin, 06/01).

Penyerahan dan  penerimaan sertifikat tanah YMPI diserahkan langsung oleh Walikota Tanjung Balai kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjung Balai dan selanjutnya dilanjutkan penyerahan sertifikat tanah dari Kementrian Agama Kota Tanjung Balai kepada pengurus YMPI Kota Tanjung Balai.

“Saya merasa haru dan bahagia karena untuk Kantor Kementerian Agama mungkin ini adalah bentuk kepedulian dan perhatian Pemkot Tanjung Balai dalam mendukung dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tanjung Balai, Karena salah satu peningkatan mutu pendidikan itu adalah sarana dan prasarana”.

Hibah tanah tersebut ditandai dengan penandatanganan akta hibah tanah dari Pemkot Tanjung Balai yang ditandatangani oleh Walikota Tanjung Balai H.M Syahrial SH,MH,  bersama Kepala Kemenag H. Al Ahyu MA yang turut disaksikan anggota DPRD Tanjung Balai, Pengurus YMPI dan undangan yang hadir.

Keberadaan YMPI tentunya menambah eksistensi Kota Tanjung Balai sebagai Kota Religius karena program yang diusung YMPI sendiri adalah program Tafaqquh Fiddin (Pendalaman Ilmu Agama).

Walikota Tanjung Balai, H.M Syahrial menyampaikan apa yang dilakukan Pemkot Tanjung Balai merupakan upaya untuk memajukan Kota Tanjung Balai.” Mudah mudahan kita bersama diberikan keberkahan,” kata Walikota

Walikota juga menyampaikan, Kegiatan ini merupakan janji saya yang terdahulu untuk membantu membangun sekolah tinggi YMPI, yang mana prodi yang dicanangkan yaitu Sarjana Pendidikan PAUD ILMI, Sarjana Pendidikan Agama Islam, dan ekonomi pembangunan.

“Pemkot Tanjung Balai juga Insyaallah akan menghibahkan dana senilai 1.5 M untuk pembangunan sekolah tinggi YMPI ini nanti. Kami juga akan mendeklarasi secepatnya kegiatan Pemtatim yaitu untuk meningkatkan kepedulian terhadap anak yatim dan yang ikut serta dalam kegiatan ini merupakan ASN.”

Saya juga menyampaikan bahwa saya memberikan kesempatan kepada masyarakat Tanjung Balai boleh menggunakan mobil BK 1 yang saya kendarai untuk dipakai pada saat momen bahagia yaitu pada saat menikah, boleh menggunakan mobil Dinas Walikota dan juga pada tahun 2021 akan disiapkan rumah bulan madu pasangan yang baru menikah yang berlokasi di Waterfront City Tanjung Balai, sebut Walikota.

Dengan adanya STAI Nurul Ilmi YMPI nantinya di Kota Tanjung Balai diharapkan dapat melahirkan ulama ulama muda yang menyiarkan agama Islam sampai ke pelosok indonesia dan dunia, ujar Walikota.

Sebelumnya, Kakan Kemenag Tanjung Balai H. Al Ahyu mengatakan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Tanjung Balai yang telah menghibahkan tanah. Kegiatan kerja sama antara Pemerintah Kota Tanjung Balai dengan YMPI merupakan sesuatu kegiatan yang baik untuk generasi muda, sehingga untuk mencapai Tanjung Balai sebagai kota religius, melalui generasi muda religius, kita membutuhkan 1 lagi Tsanawiyah Negeri dan 1 lagi Madrasah Negeri, untuk pendidikan agama di Kota Tanjung Balai guna untuk menciptakan masyarakat Kota Tanjung Balai yang Religius.

Niat untuk membangun sekolah tinggi (Nurul Ilmi YMPI), semoga segera terwujud, karena YMPI merupakan wadah pendidikan yang telah melahirkan ulama-ulama dan tokoh agama yang besar, paparnya

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tanjung Balai Surya Darma AR menyampaikan penyerahan sertifikat tanah ini bertujuan untuk mendirikan perguruan tinggi Nurul Ilmi YMPI yang merupakan bentuk kepedulian pemerintah Kota Tanjung Balai terhadap perkembangan pembangunan agama Islam di Kota Tanjung Balai.

Kegiatan ini kita apresiasi dan berharap masyarakat untuk ikut serta meningkatkan kepedulian terhadap keberlangsungan sekolah tinggi ini nanti. Karena berdasarkan infomasi yang kami dapat lebih dari 30% masyarakat Kota Tanjung Balai, memilih untuk melanjutkan pendidikan sekolah tinggi Islam di kota lain

Turut hadir juga dalam acara tersebut Sekdakot Tanjung Balai Yusmada SH, M.A.P, Asisten Ekbangsos Drs. H Zainul Arifin, Plt. Ka. BPKPAD Asmui Rasyid Marpaung S.STP,M.Si, Kabag Hukum dan HAM Setdakot Tanjung Balai H. Adhar Sirait dan OPD terkait.

Reporter     : Irwansyah

Editor         : Nr

Publisher  : Redaksi

Facebook Comments