by

Warga Temukan Dua Bunga Bangkai Mekar di Langgai

PESISIR SELATAN, BrataPos.com – Warga di Kampung Langgai, Kenagarian Gantiang Mudiek Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menemukan dua bunga bangkai (Amorphophallus Titanum) mekar didalam kawasan kebun gambir warga setempat, pada Rabu (1/1/2020)

Agus Salim (29) warga yang pertama kali menemukannya mengatakan, bunga bangkai tersebut tumbuh ditepi aliran sungai dekat kebun gambir miliknya.

“Bunga bangkai itu pertamakali saya temukan pada hari rabu lalu, saat saya hendak ke sungai,” sebutnya saat di hubungi,Minggu (5/1/2020)

Ia menerangkan, bunga bangkai yang ditemukannya itu, memiliki tinggi sekitar 1 meter lebih kurang, dan saat ini bunga itu sudah mekar sempurna.

“Tingginya sekitar 1 meter lebih, sekarang sudah mekar sempurna,” ucapnya.

Selain di kebun, kata Agus, dirinya bersama beberapa orang temannya juga menemukan satu lagi bunga bangkai yang tidak jauh dari kebun miliknya.

“Tidak jauh dari kebun saya, kami kembali menemukan tumbuhan langka itu. Tapi, ukurannya sedikit kecil dari yang sebelumnya. Untuk ukurannya, sekitar 1 meter,” ujarnya.

Sementara kata Agus, bunga bangkai yang ditemukannya kedua itu. Belum mekar dengan sempurna seperti yang dikebunya.

“Jarak kedua bunga itu, kami temukan tidak jauh, sekitar 100 meter dari tempat bunga satu lagi,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut ia mengatakan, hidupnya kedua bunga bangkai yang cukup langka tersebut tidak jauh dari pemukiman penduduk di Kampung Langgai.

Untuk bisa melihat kedua bunga itu, warga cukup menyeberangi sungai kecil yang tidak jauh dari pemukiman penduduk setempat.

“Kalau untuk ke lokasi bunga itu ditemukan tidak jauh, cuma dekat kok, hanya menyeberangi sungai kecil setelah itu sampai. Cuman, yang jauh itu, akses menuju kampung saya langainya, bisa menghabiskan waktu satu jam lebih dari Pasar Surantih, ditambah lagi akses jalannya lumayan parah,” tutupnya.

Reporter/Penulis : Cend

Editor/Publisher : jml

REKOMENDASI UNTUK ANDA