by

Cek Harga Pangan Dipasar Suprapto Walikota Tanjung Balai Hormati Natal Dan Tahun Baru

Tanjung Balai , Bratapos.com – Walikota Tanjung Balai, H.M Syahrial SH,MH melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) stabilitas harga pangan di pasar tradisional yang ada di Kota Tanjung Balai. Adapun Komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) didominasi bumbu dapur dan daging ayam.

Kenaikan harga komoditas bumbu dapur cukup Fluktuatif meliputi cabai merah dan cabai rawit, bawang merah serta bawang putih. Sedangkan kenaikan harga daging ayam sudah terjadi selama sepekan di Pasar TPO/Bangsal, Kecamatan Tanjung Balai Utara, Kota Tanjung Balai.

IMG-20191225-WA0227

Dari hasil pantauan harga kebutuhan pokok di Pasar Suprapto dan Pasar TPO/Bangsal, Harga Cabai merah dari agen distributor Tanah Karo harganya Rp 24.000/Kg dan dijual di Pasar di Kota Tanjung Balai seharga Rp 30.000/Kg, Cabe Hijau didistributor dijual dengan harga Rp. 11.000/Kg dan dijual di pasar dengan harga Rp. 14.000/Kg, Cabai Rawit didistributor harganya Rp. 22.000/Kg dan dijual dipasar seharga Rp. 30.000. Dalam hal ini distributor membawa dan memasok bahan pokok tersebut di pasar Suprapto dan TPO/Bangsal.

Untuk bawang merah Brebes harganya Rp. 34.000/Kg, Bawang Putih Rp. 26.000/Kg dijual dipasaran. Sedangkan dari agen Distributor ACIN Jalan. Jendral Sudirman untuk bawang putih dijual Rp 18.000 sampai Rp. 20.000/Kg sedangkan untuk bawang merah dijual dengan harga Rp 18.000 sampai Rp. 27.000/Kg.

IMG-20191225-WA0226

Harga daging ayam potong kotor dijual dengan harga Rp 32.000/Kg dan daging ayam potong bersih dijual dengan harga Rp. 37.000/Kg sedangkan dari agen Udin di Teluk Nibung dijual dengan harga 26.000/Kg. Sedangkan, telur ayam buras harga dijual dengan harga terendah sebesar Rp. 19.500/Kg dan harga tertinggi Rp. 21.500/Kg. Harga ikan kembung dari Rp 17.000/Kg sampai Rp. 22.000/Kg dijual dipasar dengan harga Rp. 25.000/Kg begitu juga dengan ikan Tongkol mengalami kenaikan harga menjadi Rp 16.000/Kg dari harga Rp. 10.000/Kg di agen.

“Kenaikan harga masih wajar dan stok Komoditas bumbu dapur dan daging juga masih aman,” jelas Walikota H.M Syahrial.

Sejauh ini Supplay bahan pangan masih tersedia, harga juga Relatif Stabil hanya satu atau dua bahan pokok saja yang mengalami kenaikan harga dan itu masih dalam batas wajar. Belanjalah sesuai dengan kebutuhan dan jadilah pembeli yang cerdas,” ungkap Walikota Tanjung Balai saat melakukan Pemantauan harga pangan di Pasar Suprapto dan TPO/Bangsal (Rabu, 25/12/2019)

Walikota H.M Syahrial juga mengatakan penyebab kenaikan harga Komoditas pangan ini lantaran tingginya permintaan masyarakat menjelang Natal dan Tahun baru. Pihaknya memastikan Stabilitas Komoditas pangan aman di Kota Tanjung Balai.

“Lonjakan harga tidak terlalu besar terkait ketersediaan tetap kami pantau,” ungkapnya. Walikota H.M Syahrial menjelaskan pihaknya juga bekerjasama dengan Satgas pangan Polres Tanjung Balai untuk memantau ketersedian dan cek harga Komoditas kebutuhan pokok di Pasar Tradisional di Kota Tanjung Balai sehingga masyarakat tidak takut akan kelangkaan bahan kebutuhan pokok dan bahan pangan lainnya hingga akhir tahun dan menjelang tahun baru mendatang, Ujar Walikota

Saya meminta kepada para pedagang untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak mempermainkan harga jelang Natal dan Tahun baru, lakukan kegiatan jual beli dengan sehat dan jangan mengambil kesempatan untuk hal ini. Saya juga berharap seluruh pedagang dapat menjaga kebersihan lingkungan tempat mereka berjualan agar para pembeli nyaman dan betah saat berkunjung di Pasar, tegas Walikota H.M Syahrial

Turut hadir dalam rombongan Wali Kota Tanjung Balai saat pemantauan harga pangan diantaranya Forkopimda Tanjung Balai, Aipda Zulfan E Nst, Kanit Ekonomi Polres Tanjung Balai, mewakili Dinas Perdagangan dan Perindustrian, bagian Perekonomian Setdakot Tanjung Balai, Dinas Pertanian dan Dinas Kominfo Tanjung Balai.

Reporter : Irwansyah

Editor / publisher : zai

REKOMENDASI UNTUK ANDA