by

Satlantas Polres Sampang, Gelar Sosialisasi Tes Psikologi Pada Pengguna SIM

SAMPANG, BrataPos.com – Satuan Lalu Lintas Polres Sampang akan mulai memberlakukan tes psikologi dalam pembuatan surat izin mengemudi (SIM). Syarat tes psikologi tersebut, akan diberlakukan mulai tanggal 16 Desember 2019 hari Senin besok red).

Tes psikologi ini, juga berlaku diseluruh Satpas atau Kantor SIM di wilayah hukum Polda Jatim.

Kasat Lantas Polres Sampang AKP Anita Kurdi, melalui Kanit Reg Ident Iptu Achmat Rochan mengatakan, tes psikologi untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas dan kejahatan pengemudi yang marak terjadi.

“Tes tersebut nantinya dilaksanakan oleh Lembaga Profesional Psikolog yang sudah direkomendasikan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim,” katanya.

Tes Psikologi lanjut Acmad bertujuan untuk mengurangi perilaku mengemudi yang berisiko membahayakan (risky driving behaviour), sehingga diharapkan dapat mengurangi atau menekan laka lantas.

“Sebagaimana kita ketahui salah satu syarat penerbitan SIM adalah kesehatan jasmani dan rohani. Kesehatan rohani dilakukan dengan tes terhadap beberapa aspek yaitu kemampuan konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, kemampuan penyesuaian diri, stabilitas emosi dan ketahanan kerja,” tegasnya.

Selama ini lanjut Achmat yang dilaksanakan masih kesehatan secara jasmani, uji psikologi ini adalah kesehatan rohani.

Pembuatan SIM dengan tes psikologi, berdasarkan Pasal 81 ayat 4 UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan juga diatur dalam Pasal 36 Peraturan Kapolri Nomor 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.

Dalam hal ini salah satu Warga saat membuat SIM sebut saja H Siful mengatakan dirinya merasa bangga terhadap pelayanan SIM Di Sampang.

“Saya sangat bangga pelayanan SIM Ddi Sampang ini. Menurut saya ini luar biasa. Semoga saja akan lebih meningkatkan pelayanan untuk pembuatan SIM,” katanya dengan bangga.

Reporter/Penulis : Fara
Editor/Publisher : jml

REKOMENDASI UNTUK ANDA