by

Bermunculan Di Sampang Khususnya di Kelurahan, Proyek Setan Tanpa Adanya Papan Nama

SAMPANG, BrataPos.com – Pekerjaan Proyek saluran box culvert di Jl. Mutiara, kelurahan Banyuanyar ataupun di kelurahan Lainnya masih banyak pekerjaan tanpa papan informasi yang kesannya di tutup-tutupi, sudah mulai dikerjakan.

Namun pekerjakan tersebut tidak dicamtumkan papan informasi, layaknya pekerjaan proyek pemerintah adanya.

Heru Susanto warga Jalan Mutiara menyoroti proyek yang dibangun pemerintah daerah dianggap proyek siluman. Dimana pembangunan proyek saluran box culvert sama sekali tidak terpasang papan nama informasi proyeknya saat melaksanakan kegiatan pekerjaan.

“Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama itu indikasinya sebagai trik untuk membohongi masyarakat agar tidak termonitoring besar anggaran dan sumber anggaran,” tegas Heru Susanto (11/12/2019).

Lebih lanjut Heru Susanto mengatakan semestinya pihak pemborong atau pihak kontrakto memasang papan informasi sehingga masyarakat bisa tahu tentang proyek tersebut, jika memang sudah ada pemberitahuan kepada pihak RT, seharusnya ketua RT memberitahukan kepada warga kalau ada kegiatan proyek.

Heru Susanto juga juga sangat menyayangkan dalam pekerjaan tersebut konsultan pengawas tidak ada ditempat seperti pengawas lapangan memonitoring dan menegur rekanan agar memasang papan informasi proyek saat di mulai pekerjaan.

“pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparansi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan, sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek, dimana memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan,” ucapnya.

IMG-20191211-WA0087

Saya yakin lanjut dia, kegiatan tersebut ada kaitannya dengan proyek Dana Kelurahan (ADK) sehingga Lurah Banyuanyar sebagai KPA sengaja menyembunyikan dan sengaja melindungi kegiatan tersebut dari masyarakat, tandasnya.

Bukan hanya Di kelurahan Banyuanyar terlihat juga di kelurahan POLAGAN, kelurahan Gunung Sekar, semua pekerjaan tanpa adanya papan nama, menghimbau supaya papan informasi segera terpasang jangan terkesan menutup-nutupi dari publik, ada apa dengan Lurah Kabupaten Sampang?.

Reporter/Penulis : fara
Editor/Publisher : jml

REKOMENDASI UNTUK ANDA