Akibat Bau Limbah, Warga Tambak Osowilangun Timur Geruduk PT. Mitra Tangkas Pratma

4

Keterangan foto : warga bersama perwakilan PT. Mitra Tangkas Pratma saat diskusi.

SURABAYA, BrataPos.com – Warga RT 02 RW 04, Kelurahan Tambak Osowilangun Timur, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya akhir-akhir ini mengeluhkan bau menyengat dialiran air tepat pemukiman warga selama empat hari berturut-turut.

Awalnya, warga menduga bau yang begitu tajam itu ada baangkai tikus. Namun, dugaan itu ternyata salah. Setelah diselidiki oleh warga, usut punya usut ternyata dari PT. Mitra Tangkas Pratma yang membuang limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3).

Diketahui PT. Mitra Tangkas Pratma itu bergerak dibidang pencucian tangki. Salah satu warga inisil M mengatakan, bau menyengat ini setelah diselidiki dikarenakan sisa muatan atau kargo dan tempat penampungan limbah dari perusahaan mengalami bocor.

“Warga mengharapkan limbah yang terlanjur dibuang saluran air itu agar disedot. Saya minta diberikan mnetrelisir bau. Paslanya, sebagian warga mengalami sakit sesak nafas akibat limbah B3. Warga juga mengharapkan dampak dari limbah diberikan konpensasi,” harapnya Senin Sore (9/12/2019).

Keterangan foto : penyebab limbah air yang ada di saluran sampai berwarna hijau.
Keterangan foto : penyebab limbah air yang ada di saluran sampai berwarna hijau.

Sementra dari perwakilan PT. Mitra Tangkas Pratma Gofur dan Irsad mengataka, akibat bau menyengat ini karena penampungan limbah bocor.

Sempat terjadi ketegangan, namun setelah diberi pemahaman oleh RW 04 akhirnya dari pihak PT. Mitra Tangkas Pratma dan benerapa perwakilan warga meredam.

Reporter/Penulis : dewo/jml
Editor/Publisher : wit

Facebook Comments