by

Tosriadi Jamal SH, Bantu Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman

SUMBAR, BrataPos.com – Calon Bupati Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat periode 2020-2025 Tosriadi Jamal SH merupakan seorang sosok unggulan untuk memajukan daerah asal kelahirannya ini.

Tosriadi begitu panggilan akrab sapaan beliau dulu adalah salah seorang lulusan siswa SMA pilihan terbaik di terima atau jebol mengantarkannya ke Akademi Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) dan telah mengabdi untuk negara selama beberapa dekade yang kini beliau telah mengakhiri masa tugasnya dengan pangkat terakhir sebagai MayJen TNI Republik Indonesia.

Beliau adalah salah seorang putra bangsa yang gigih dan selalu giat bekerja dan bekerja sehingga dalam masa pasca pensiun ini. Purnawirawan ABRI ini masih tetap ingin mengabdikan diri sebagai pimpinan di daerah tempat kelahirannya Kabupaten Padang Pariaman yang sangat dicintainya dan mengajukan diri sebagai BALON BUPATI di Kabupaten Padang Pariaman untuk periode 2020-2025.

Dalam temu ramah dia dengan beberapa unsur masyarakat di Nagari Batu Basa, Kecamatan Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman.

Beberapa awak media menyampaikan bahwa dia sangat prihatin akan kondisi ekonomi seluruh masyarakat pada umumnya. Terutama masyarakat petani yang membiarkan lahan yang sangat luas tidak dimanfa’atkan.

Sehingga menimbulkan masalah baru yaitu lahan terlihat seperti hutan rimba yang bisa dihuni oleh bermacam-macam binatang buas.

“Sebetulnya saya mengerti, kenapa para petani membiarkan lahan mereka terbengkalai karena jahe, kunyit, lada munggu, serai dan yang lainnya itu tidak bisa mereka pasarkan. Hal itu tentu tidak mendatangkan hasil ekonomi sebagai nilai tambah untuk menopang ekonomi mereka,” katanya.

Seperti apa yang disampaikan juga oleh Awalludin Rangkayo Tan Bandaro, pemuka masyarakat di Batu Basa masyarakat petani sebetulnya mau melakukan kegiatan berladang menanam komoditi apa saja asalkan mereka bisa menjual produk hasil pertanian mereka yang memberikan nilai tambah terhadap kepentingan pemenuhan kebutuhan sebagai income buat keluarga mereka masing-masing” tandasnya.

Antusias beberapa masyarakat yang sabar mendengarkan wejangan dari Tosriadi di samping sebagai Abdi Negara beliau juga sebagai pelaku Agrobisnis Sukses beliau menangkaskan.

Saya tegaskan kepada masyarakat Batu Basa ini dan juga seluruh warga sebagai penduduk Kabupaten Padang Pariaman, jangan biarkan lahan kita tidur dan saya tawarkan Rp 5 jt percuma tanpa dikembalikan untuk mengolah lahan masyarakat petani dalam luas 1 ha (hektar) dengan menanam serai wangi dan setelah panen nanti masyarakat jangan ragu saya akan langsung membeli kembali hasil panen masyarakat.

“Bila perlu kita antara saya dan masyarakat membuat perjanjian tertulis atau MOU (Memorandum Of Understanding),” jelasnya meyakinkan.

Reporter/Penulis : Pul
Editor/Publisher : jml

REKOMENDASI UNTUK ANDA