Categories
Bratapos Sumbagut Terbaru

Cegah Radikalisme, Dandim 0116/Nara Komsos Dengan Segenap Komponen Bangsa

Suka Makmue ,  Bratapos.com – Kodim 0116/Nagan Raya menggelar Binter Terpadu Komunikasi Sosial antara Kodim 0116/Nagan Raya dengan aparat pemerintah, tokoh Agama, tokoh masyarakat, keluarga besar TNI, dan komponen bangsa di Aula Makodim 0116/Nagan Raya, Jl.Poros Utama Suka Makmue, Selasa (26/11/2019).

Acara ini dibuka langsung oleh Dandim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Guruh Tjahyono, SIP, MI,Pol. Dandim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Guruh mengatakan, kegiatan Komsos ini bertujuan untuk menjalin komunikasi sosial yang harmonis untuk meningkatkan tali silaturahmi prajurit Kodim 0116/Nagan Raya, dengan komponen masyarakat dalam rangka mewujudkan cegah tangkal Radikalisme/Separatisme.

“Radikalisme atau ada lagi yang bilang Ekstrimisme itu terdiri dari radikal kanan, radikal kiri dan radikal lainnya yang bertujuan merubah ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila , seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945,” jelas Dandim.

“Selain itu juga, Separatisme, yang ingin memecah belah NKRI. Semuanya itu harus di cegah dan ditangkal,” tandasnya.

“Kami sudah mempersiapkan komponen Bangsa dan ruang alat kondisi yang tangguh, dari komunikasi sosial ini, dimana kami akan mengkampanyekan program pemerintah Daerah, kemudian tentang perekrutan TNI, serta bagaimana mencegah radikalisme”.

“Di samping melatih adik-adik pramuka, kami juga melakukan patroli bersama polri untuk menjaga stabilitas daerah. Harapan saya mari kita jaga keamanan daerah. Bagi anak anak muda kendalikan diri jangan terlibat dengan panah wayer, Miras, dan narkoba, karena itu akan merusak generasi bangsa, salurkan lah hobi yang positif,” ungkap Letkol Guruh.

Selain komsos binter, sambung Guruh, pihaknya juga telah melaksanakan binter terpadu wilayah pertahanan. Yakni dengan memberikan materi wawasan kebangsaan dan bela negara ke segenap komponen.

“Kita juga sudah melaksanakan Bhakti TNI yang sudah berjalan seperti bedah rumah dan pembangunan MCK, yang tersebar di wilayah Koramil dan Posramil jajarannya. Tutup Letkol Guruh.

Sementara Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI) Kabupaten Nagan Raya, Banta Diman, mengatakan Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI) Kabupaten Nagan Raya mendukung program TNI AD. Salah satunya Binter Terpadu yang berguna menyinergikan antara TNI dengan pemuda Nagan Raya guna mendukung pembangunan Kabupaten Nagan Raya.

“Binter selama ini telah dirasakan oleh masyarakat yang melaksanakan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Untuk itu, KNPI Nagan Raya mengajak semua elemen masyarakat agar senantiasa mendukung bersinergi dalam memupuk persatuan dan kesatuan,” tutupnya.

Reporter : Sab

Editor / Publisher : dr