by

H.Yulianto,SH,MM : Dari Keluarga Petani Sederhana, Bupati Yang Merakyat

Pasaman Barat-Bratapos.com
Menjadi seorang bupati dan Birokrasi ulung di kabupaten Pasaman Barat bukanlah hal yang mudah bagi seorang anak muda dari keluarga petani yang sederhana . Kehidupan masa kecil yang pas-pasan menempah diri Yulianto menjadikan dirinya berjiwa pejuang , sedangkan keuletan dan kegigihannya sudah menjadi anugerah alami dari sang pencipta. “ saya berjuang dari awal pendidikan menempah ilmu bukan dengan sepatu mahal melainkan plastik yang dibungkuskan pada kaki saya” Kenang Bupati termuda di Pasaman Barat tersebut yang terlahir di Banyumas pada tanggal 27 Juli 1963.

IMG-20191123-WA0060

Awal masuk dunia politik Yulianto meniti karier menjadi kader partai Demokrat yang dipimpin saat itu oleh presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, namanya langsung melejit terpilih menjadi anggota DPRD tingkat II Kabupaten Pasaman Barat pada periode 2004-2009 dilanjut periode kedua terpilih kembali di periode 2009-2014,pada periode kedua ini Yulianto menduduki jabatan sebagai ketua Partai Demokrat kabupaten Pasaman Barat.

IMG-20191123-WA0057

Karier politik Yulianto terus bersinar hingga dipinang oleh mantan Bupati Pasaman Barat Alm.H.Syahiran untuk dipercaya sebagai Wakil Bupati Pasaman Barat. Berkat kolaborasi tersebut Alm.H.Syahiran dan Yulianto,SH berhasil mengalahkan kandidat lainnya. Yulianto,SH yang dihormati dikenal sangat santun dan perhatian terhadap masyarakat , hingga disegani oleh birokrat pemerintahan dan swasta.Telah membuktikan kepada rakyat Pasaman barat khususnya dan masyarakat Sumatera Barat pada umumnya bahwasanya keluarga petani sederhana dan pas-pasan bisa berhasil menjadi pemimpin bukan pemimpi. “Jangan jadikan Ketidak mampuan menjadi penghalang” Pesan Yulianto,SH kepada Kepala Cabang Bratapos Sumbagut.

IMG-20191123-WA0056

Malang tak dapat tolak untung tak dapat diraih,ditengah perjalanan pemerintahan ,Bupati Pasaman Barat meninggal dunia (2019) hingga menjadikan sosok anak petani yang sederhana ini dilantik untuk menjabat sebagai Bupati Pasaman Barat. Dalam masa yang sedikit ini Yulianto terjun langsung kepelosok-pelosok daerah yang terpencil untuk pemerataan

pembangunan dan pendataan daerah kawasan terpencil yang akan diprioritaskan dalam pembangunan.
Bupati Pasaman Barat H.Yulianto,SH didampingi Kadis Perumahan dan Pemukiman Adhyatsyah, Kabag Humas Yosmar Difia melakukan kunjungan kerja pada daerah yang sulit terjangkau terdapat pada Jorong Rura Patontang Kecamatan Koto Balingka. Senin (18/11).
Kunjungan tersebut sebagai tanggapan langsung Pemerintah Daerah Pasaman Barat atas keluhan masyarakat Rura Patontang yang ditujukan kepada Yulianto. Dalam perjalanan tersebut dapat dilihat bagaimana masyarakat jorong Rura Patontang sangat membutuhkan perhatian Pemerintah Daerah, mulai dari akses infrastruktur jalan dan jembatan ke wilayah tersebut sampai dengan kebutuhan gedung Pendidikan serta layanan kesehatan yang layak, hingga pemberdayaan ekonomi masyarakat dan pemberdayaan Aparatur Sipil Negara agar daerah terpencil dapat menikmati pembangunan yang merata.

Tampak kebahagiaan masyarakat ketika dikunjungi langsung oleh Bupati Pasaman Barat dan rombongan, suasana keakraban tersebut berlangsung dengan tokoh masyarakat dan masyarakat jorong Rura Patontang. Bupati Pasaman Barat Yulianto merasa terenyuh dan sedih saat menyaksikan langsung kondisi masyarakat Rura Patontang. Bupati Yulianto langsung menyikapi akan segera menindak lanjuti permasalahan di Rura Patontang tersebut melalui Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Adhyatsyah.

Dalam arahan Bupati Pasaman Barat menugaskan “kepada Organisasi Perangkat Daerah terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum untuk melakukan perencanaan ulang terhadap trase jalan supaya dapat memenuhi standar kelayakan teknis dikarenakan kondisi akses jalan sekarang tidak memungkinkan untuk ditangani struktur jalannya”. Tegas Yulianto mengarahkan kepada yang terkait. “Kepada Dinas PU untuk segera dianggarkan tahun 2020 ini perencanaan ulang trase jalan dan dilanjutkan dengan pembangunan kembali jalan ke Rura Patontang ini.” Ujar Yulianto dengan sangat sedih karena melihat kondisi yang selama ini belum tersentuh.

Kadis Perumahan dan Pemukiman Ahdyatsah segera akan melaksanan segera arahan Bupati Pasaman barat “Kepada Dinas Perkim tolong dibantu jorong, harap dilaksanakan pendataan untuk bantuan rehab rumah tidak layak huni, Dinas Pendidikan anggarkan penambahan lokal dan sarana belajar serta Dinas Kesehatan perhatikan kondisi kelayakan sarana kesehatan di Rura Patontang.” Arahan Yulianto dilanjutkannya sambil mengendarai trailnya guna mengecek langsung kondisi dan hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mendongkrak ekonomi masyarakatnya yang tinggal di jorong Rura Patontang.

Suatu kebiasaan yang tidak pernah dilupakan Bupati termuda di Pasaman Barat yang pernah menjadi juga menjadi rakyat tidak mampu adalah berkumpul dan berbaur dengan masyarakat Pasaman Barat yang dianggap Yulianto sebagai saudaranya “ Mereka adalah saudara saya,saudara kita dan saudara Se-Pasaman Barat” Tutup Yulianto merangkul rakyatnya.

(team Bratapos Sumbagut)

Editing/publish : Wit

REKOMENDASI UNTUK ANDA