Antrian Panjang SPBU Mengundang Tanda Tanya

by
PicsArt_11-15-07.05.32

MALANG, BrataPos.com – Usaha eceran Bahan Bakar Minyak (BBM) kian menjamur di masyarakat 15 november 2019. Di wilayah Malang Selatan, nampak banyak mobil-mobil yang sedang dalam antrian panjang di beberapa SPBU.

Diketahui dari salah satu narasumber, beberapa dari mobil yang mengantri tersebut adalah mobil pengepul BBM, modusnya, para pengepul tersebut tidak membawa jerigen namun mengisi penuh tangki mobilnya yang sudah dimodiffikasi berkapasitas lebih besar, dan kemudian ditap kembali untuk dijual.

Pasalnya, para pengepul atau distributor BBM tersebut harus memiliki ijin usaha dari pihak terkait, sebab sesuai dengan pasal 55 UU RI no 22 tahun 2001, jika yang dijual tersebut merupakan BBM bersubsidi, maka dapat dikenakan sanksi serta pidana penjara paling lama 6 tahun.

Dalam beberapa kesempatan, pihak Pertamina telah menegaskan bahwa mereka yang menjalankan bisnis Pertamini juga dianggap ilegal karena tidak memiliki izin. Selain itu, ditekankan pula bahwa antara Pertamina dan Pertamini tidak ada hubungan bisnis sama sekali.

PicsArt_11-15-07.07.04

Namun diduga, beberapa SPBU di wilayah Malang Selatan ada “main” dengan para pengepul BBM, karena ada beberapa SPBU yang memang masih terlihat melayani para pengepul tersebut.

“Terkadang ada juga yang masih membawa beberapa jerigen, namun disembunyikan dan baru diisi saat suasana terlihat sepi,” ujar salah satu narasumber yang enggan disebutkan namanya.

Sampai saat ini, oknum-oknum terkait masih melakukan pendalaman penyelidikan terkait hal tersebut.

Reporter : Hadi

Editor/Publisher : jml

Facebook Comments