Musyawarah Dusun Bangian, Pemilihan BPD Gunung Maddah Ditunda, Terindikasi Ada Permainan

by
PicsArt_11-14-08.11.23

SAMPANG, BrataPos.com – Musdus (Musyawarah Dusun) Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Gunung Maddah, Dusun Bangian, Kecamatan Sampang menyisakan rasa kekecewa warga.

Hal itu disampaikan oleh Tokoh pemuka Agama di Dusun Bangian KH Muhammad. Ia menganggap ada kejanggalan terkait Tokoh yang bakal akan menjadi pemilih untuk perwakilan bakal calon anggota BPD. Yang jelas mainnya slinthutan, dan ada indikasi dikondisikan.

Ada beberapa tokoh yang telah ditunjuk oleh Apel/Kasun (Kepala Dusun) tidak melewati tahapan musyawarah dusun atau musdus. Jadi main tunjuk saja, intinya, Bakal pemilih (tokoh) dalam lingkup satu keluarga salah satu calon anggota BPD.

Menurut KH Muhammad mengatakan di forum/musdus, menurut saya lebih baik forum ini kita pending saja. “Karena tokoh yang bakal memilih calon BPD Dusun Bangian ini secara keseluruhan adalah satu keluarga, dari salah satu bakal calon BPD,” ungkapnya.

Jadi ini sudah tidak benar, ini semua terkesan ada indikasi permainan yang bakal memenangkan pada satu calon.

“Apakah dalam 30 orang satu keluarga ini tokoh semua terus yang mana masyarakatnya, dan apakah diluar satu keluarga ini tidak ada tokoh lainnya,” tutur KH Muhammad mempertanyakan Kamis (14/11/2019).

IMG-20191114-WA0036

Sempat terjadi debat antara tokoh masyarakat yang hadir di forum/musdus, sehingga menimbulkan banyak komentar. Apa yang jadi acuhan oleh Moh Yasid Kadus/apel dusun Bangian adalah Perbup/Perda yang ada.

Hanya saja yang membuat Forum/musdus ini di pending/tunda karena Tokoh bakal pemilih calon BPD ini dalam lingkup satu keluarga salah satu bakal calon BPD, yang kesannya ada indikasi akan memenangkan salah satu bakal calon BPD.

Camat Sampang Yudhi Adidarta Karma di Forum/musdus menjelaskan semua penetapan tokoh yang akan memilih bakal calon BPD ini yang menetukan adalah Apel/Kadus. Kalau saya tidak tahu mana tokoh mana masyarakat biasa.

Yang tahu itu Kadus/Apel Dusun Bangian ini. Sebenarnya semua sudah mengacu pada Perda/Perbup hanya saja forum ini sudah tidak menyepakati hasil rekomendasi Kadus ya kita pending.

“Karena ini forum musyawarah dusun, jadi kalau tidak ada kesepakatannya sudah pending saja,” tegasnya.

Reporter : fara

Editor/Publisher : jml

Facebook Comments