Larung Gunung Kumbang Di Kecamatan Donomulyo, Menarik Untuk Dikunjungi

by
PicsArt_11-13-07.04.05

MALANG, BrataPos.com – Prosesi atau yang dikenal upacara adat Larung Labuhan Gunung Kumbang dan kirab bersama di Pantai Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang dinilai mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung, yang diharapkan mampu memutar roda perekonomian masyarakat sekitar.

Larung sesaji yang dihadiri oleh Drs. Suwajdi yang mewakili Bupati Malang Sanusi yang berhalangan hadir karena ada tugas di jakarta Suwadji mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan budaya seperti Larung Gunung Kumbang tersebut, akan mampu menarik wisatawan untuk datang ke Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang khususnya Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo, yang memiliki berbagai lokasi wsata menarik Seperti Pasir Panjang, Gunung Kumbang, Sendang Kamulyan dan yang lain sebagainya, papar Suwadji.

Menurut Suwadji dengan hadirnya para wisatawan berkunjung ke destinasi wisata yang dimiliki oleh wilayah Kabupaten Malang tersebut, akan memberikan kontribusi guna mendongkrak perekonomian di daerah atau wilayah sekitar tempat wisata pantai Ngliyep Malang Selatan. Terlebih, Kecamatan Donomulyo memiliki keunggulan dengan banyaknya tempat wisata pantai.

Larung Labuhan Gunung Kumbang dan kirab budaya tersebut dilaksanakan oleh ratusan warga setempat. Dimana masyarakat mengarak sejaji larung dan kirab budaya dari Pantai Ngliyep menuju puncak Gunung Kumbang yang berjarak kurang lebih 300 meter.

larung Sesaji tersebut diantaranya adalah kepala kambing, yang nantinya dilemparkan ke laut secara bersama-sama.

Prosesi atau upacara adat Larung Labuhan Gunung Kumbang dan kirab bersama di Pantai Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang dinilai mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung, yang diharapkan mampu memutar roda perekonomian masyarakat sekitar.

PicsArt_11-13-07.02.12

Larung Labuhan Gunung Kumbang dan kirab budaya tersebut dilaksanakan oleh ratusan warga setempat, dimana masyarakat mengarak sejaji larung dan kirab budaya dari Pantai Ngliyep menuju puncak Gunung Kumbang yang berjarak kurang lebih 300 meter.

larung Sesaji tersebut diantaranya adalah kepala kambing, yang nantinya dilemparkan ke laut secara bersama-sama.

Reporter : arif-acong

Editor/Publisher : jml

Facebook Comments